Selamat Datang!

Kabupaten Tegal Tuan Rumah Peransaka Daerah VII Jateng

Bumi Perkemahan Martoloyo Desa Suniarsih Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal jadi tempat kegiatan Perkemahan Antar Satuan Karya (Peransaka) VII Kwartir Daerah Jateng Tahun 2018/foto: istimewa
SLAWI- Kabupaten Tegal kembali menjadi tuan rumah untuk kedua kalinya dalam kegiatan Perkemahan Antar Satuan Karya (Peransaka) VII Kwartir Daerah Jawa Tengah Tahun 2018, yang akan dilaksanakan pada 16-21 September, di Bumi Perkemahan Martoloyo Desa Suniarsih Kecamatan Bojong.

Sebelumnya, pada tahun 1986, Kabupaten Tegal menjadi tuan rumah Jambore Daerah Jateng, yang dibuka oleh Gubernur KDH Tingkat I Jawa Tengah, H Ismail.

Wakil Ketua Kwarcab Tegal, Drs Agus Subagyo MM kepada ranahpesisir.com diruang kerjanya, Kamis (13/9) mengatakan, Peransaka Daerah VII Tahun 2018 dengan motto "Satyaku Kudermakan, Darmaku Kubaktikan" mengusung tema "Berbudaya, Inovatif, Tangkas (Bintang) diikuti peserta dari kabupaten/kota se-Provinsi Jawa Tengah.

Buper Martoloyo Desa Suniarsih nampak hijau, rindang dan asri/foto: istimewa
Pembukaan Peransaka VII Kwartir Daerah Jawa Tengah tahun 2018 akan dilaksanakan, Minggu 16 September dengan pembina upacaranya adalah Plt Bupati Tegal Dra Hj Umi Azizah.

Sedangkan untuk Peringatan Hari Pramuka ke-57 Tingkat Jawa Tengah pada Jumat 21 September, sebagai pembina upacara Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah, H Ganjar Pranowo SH MIP.

Agus mengemukakan, untuk teknis kegiatannya antara lain, Giat Umum yang meliputi Upacara Pembukaan dan Welcoming Night sebagai wahana menjalin silaturahmi dan menumbuhkan semangat persaudaraan, dan sebagai tanda dimulainya kegiatan Peransaka Daerah VII Jateng tahun 2018 secara resmi dibuka, yakni Minggu (16/9).

Upacara Penutupan dan Peringatan Hari Pramuka ke-57, Jumat (21/9). Malam Cakra Adhi Birawa (Kamis, 20/9). Expo Satuan Karya Pramuka (Rabu 19/9), dan Gladi Upacara pada hari Minggu dan Kamis, 16 dan 20 September.

Giat Rutin, meliputi Apel Pagi dan Sore (Senin-Kamis 17-20/9), Ibadah Pagi, Olahraga Pagi, dan Korve untuk menjaga keamanan, ketertiban dan kebersihan masing-masing tenda.

Lapangan Desa Suniarsih jadi lokasi upacara Peringatan Hari Pramuka ke-57/foto: istimewa
Global Development Village, sebagai wahana untuk menunjukan potensi yang dimiliki setiap Satuan Karya Pramuka.

Friendship and Culture Zone, meliputi Temu Pinsa, yakni ajang pertemuan pimpinan sangga untuk mendiskusikan perencanaan kegiatan sangga (Minggu 16/9).

Traditional Game Show untuk mempererat persaudaraan peserta, mempertahankan budaya tradisional, meningkatkan semangat peserta untuk mengenali dan melestarikan kebudayaan tradisional.

Salah satu fasilitas di area Buper Martoloyo/foto: istimewa
Kemudian, Pentas Seni dan Variety Show untuk mempererat persaudaraan antar peserta yang digelar, Senin-Rabu (17-19/9).

Lomba Maket Lalu Lintas untuk meningkatkan kemampuan, dan kreatifitas peserta dalam menyosialisasikan ketertiban lalu lintas melalui media maket dengan sasaran siswa sekolah dasar.

Chuckglider untuk meningkatkan daya kreasi dan ketrampilan peserta dalam bidang aeromodelling, Selasa (18/9).

Cinematografi Kebudayaan untuk mendorong peningkatan inovasi dan kreatifitas Pramuka Penegak, dalam mengelola informasi edukasi menggunakan teknologi ramah lingkungan yang persuasive, guna meningkatkan kecintaan kepada budaya masing-masing, Rabu (19/9).

Duta Peransaka, ajang pemilihan anggota pramuka yang cakap, terampil dan berdedikasi dalam bidang kePanduwisataan, khusunya di Jateng, Minggu (16/9).

40 sarana MCK tersedia di Buper Martoloyo Desa Suniarsih Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal/foto: istimewa
Kreasi Daur Ulang Sampah, untuk meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan dalam mendaur ulang sampah, untuk dijadikan barang yang bernilai guna, Kamis (20/9).

Memasak Menu Makanan Sehat, tujuannya guna meningkatkan ketrampilan dalam mengolah bahan makanan dengan memperhatikan keseimbangan gizi dari bahan makanan yang diolah, Rabu (19/9).

Stand Up Comedy KB, guna memberikan kepada peserta mengenai Sapta Pesona Jawa Tengah, dan menghimbau kepeda peserta untuk menyukseskan Program Visit Jateng Tahun 2018, Senin dan Selasa (17 dan 18/9).

Selain itu, Giat Pinkon dan Bindamping meliputi Tour Edukasi, Senin-Selasa (17-18/9). Temu Pinkon untuk menyampaikan kembali teknis kegiatan selama Peransaka Daerah Tahun 2018, Minggu (16/9). Outbound untuk mempererat persaudaraan antar peserta, Senin dan Selasa (17 dan 18/9).

Rover Challange, yang dilaksanakan Senin dan Selasa (17 dan 18/9). Tujuannya untuk meningkatkan wawasan dan pendalaman materi kesakaan, menguji kecakapan, dan mengimplementasikan bakti satuan karya tersebut.

Ditambahkan, guna suksesi Peransaka Daerah VII Jateng di Kabupaten Tegal, segala hal penunjang terkait persiapan kegiatan tersebut terus dilakukan, salah satunya 40 MCK yang tersedia di Buper Martoloyo Desa Suniarsih. (didik)


Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com