Selamat Datang!

DLH Kembali Gelar Pemilihan Duta Lingkungan Hidup

DLH Kabupaten Tegal gelar Pemilihan Duta Lingkungan Hidup/foto: istimewa
SLAWI- Berbeda dengan ajang pemilihan putri-putri di Indonesia, Pemilihan Duta Lingkungan Hidup dilakukan dan dikhususkan untuk menjalankan tugas yang berkaitan dengan isu-isu lingkungan. Tidak cukup hanya berparas cantik dan pandai, namun juga harus memiliki mobilitas yang tinggi, karena banyak tugas pekerjaan rumah yang harus diselesaikan bersama pemerintah dan masyarakat sekaligus.

Terkait diatas, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tegal bersama Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan (FKIP) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, menggelar kegiatan Pemilihan Duta Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Tahun 2018.

Kepala DLH Kabupaten Tegal, Drs Agus Subagyo MM diruang kerjanya, Kamis (13/9) mengemukakan, tujuan dari kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap tahunnya adalah untuk menumbuhkembangkan rasa kepedulian terhadap permasalahan lingkungan kepada masyarakat secara umum, dan kepada generasi muda peserta pemilihan duta lingkungan hidup Kabupaten Tegal.

"Selain itu juga memberikan pengetahuan, dan pemahaman atas permasalahan lingkungan hidup yang terjadi di sekitar kita. Termasuk memberikan gambaran solusi atas permasalahan yang terjadi dengan menunjukkan secara langsung contohnya secara riil di masyarakat," jelas Agus.

Kegiatan tersebut mengusung tema "Menjadi Syantik Tanpa Sampah Plastik" yang mengacu pada tema Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tahun 2018, yakni Beat Plastic Polution.

"Untuk pendaftaran peserta tingkat SMA/SMK/MA dibuka mulai tanggal 17 September-19 Oktober 2018 di Kantor DLH Kabupaten Tegal c/q Bidang Tata Lingkungan, Jalan Prof Moh Yamin-Slawi. Pendaftaran gratis dan bisa diakses melalui website: dlh.tegalkab.go.id," terang Agus.

Disampaikan lebih lanjut, nantinya sesuai tahapan akan dilaksanakan temu teknik, pembekalan materi dan tes tertulis (seleksi tahap I) pada 27 Oktober. Selanjutnya, Field Trip dan pembuatan essai/makalah (seleksi tahap II) pada 3 November 2018.

"Para peserta juga akan mengikuti kegiatan karnaval atau kampanye go green dan pentas musik/lagu, pentas busana daur ulang sampah, serta uji kemampuan duta lingkungan hidup," tambah Agus.

Sementara, Penganugerahan Duta Lingkungan Hidup akan dilaksanakan tanggal 11 November 2018, di Pendopo Amangkurat Pemerintah Kabupaten Tegal.

"Diharapkan melalui kegiatan ini dapat tercipta generasi muda yang peduli terhadap lingkungan hidup, dan menjadi pelopor serta pengerak bagi perubahan perilaku masyarakat yang lebih bersahabat dengan lingkungan hidup," pungkasnya. (didik)

Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com