Selamat Datang!

Bupati Tegal: Peran Pers Semakin Penting

Bupati Tegal Umi Azizah saat mengisi acara Kabar Bupatiku (Kabuku) di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (kominfo)/foto: istimewa


SLAWI- Era revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan digitalisasi media komunikasi dan segala aktifitas sosial yang terpusat di masyarakat, menjadikan peran pers semakin penting, semakin dicari. Sebagai pilar keempat demokrasi, pers menjadi rujukan informasi tentang kebenaran, terlebih ditengah maraknya berita palsu dan hoaks yang berseliweran di media sosial.

Hal itu disampaikan Bupati Tegal Umi Azizah saat mengisi acara Kabar Bupatiku (Kabuku) di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Tegal, Senin (11/2) kemarin.

 “Pers diperlukan sebagai pilar penegak fakta yang turut membangun narasi kebudayaan baru, membangun narasi peradaban baru,” kata Umi.

Umi menjelaskan, bahwa pers berperan penting merajut nilai-nilai kesantunan sosial, budaya tabayun yang nyaris hilang dalam pola hubungan komunikasi masyarakat sekarang yang begitu mudah mempercayai setiap informasi tanpa mengklarifikasikan kebenarannya kepada pihak-pihak yang berkompeten. Selain bisa menyajikan informasi kebenaran, pemberitaan pers juga harus berimbang. 

Sehingga di era disrupsi ini, lanjut Umi, mau tidak mau pers harus segera menyesuaikan dengan gaya komunikasi masyarakat sekarang yang menuntut kecepatan, kemudahan dan ketepatan, dimana penggunaan media digital menjadi sebuah keharusan.

“Setiap hari rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktu 8 jam lebih per harinya untuk mengakses internet, dan 3 jam 23 menitnya untuk bermedia sosial. Tidak hanya itu, di era multimedia ini juga menuntut kemasan konten yang tidak hanya menarik, tapi juga kreatif, contohnya seperti penggunaan infografis untuk menyederhanakan informasi yang rumit,” terangnya. 

Umi memandang pers sebagai mitra membangun. Pers adalah mitra pemerintah, dan pihaknya sangat menghargai kebebasan pers, kebebasan jurnalistik. Pemerintah tidak bisa memaksa pers untuk memuat berita yang sesuai dengan kehendaknya. Maka dari itu, yang perlu dibangun bersama adalah iklim pers yang baik, pers yang sehat dan profesional. (*)


Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com