Selamat Datang!

Menara Miring JIC Berhasil Diperbaiki

Menara Masjid Raya Jakarta Islamic Center yang miring karena kerosi berhasil diperbaiki/foto: istimewa
JAKARTA- Menara Masjid Raya Jakarta Islamic Centre yang berada di Jl.Kramat Jaya Koja, Jakarta Utara yang miring karena kerosi berhasil diperbaiki oleh Komunitas Jagat Mengaji.

Ahmad Juhandi, Kepala Sekretariat Jakarta Islamic Centre, Kamis (14/02/19) mengemukakan, menara masjid Jakarta Islamic Centre yang tingginya 114 meter mencerminkan jumlah surat dalam Al Quran. Ujung menaranya atau disebut makara mengalami korosi pada tiang penyangganya.

"Ada delapan tiang penyangga makara dan empat tiang mengalami korosi, sedangkan yang masih kokoh hanya dua tiang. Sehingga makara tidak bisa tegak dan kalau dilihat dari bawah kelihatannya miring. Kasus ini terjadi sejak Februari 2018," terangnya.

Ahmad menjelaskan, Sekretriat  JIC sudah melaporkan ke pihak-pihak terkait agar makara yang rusak bisa diperbaiki segera. Sebab bila jatuh sangat membahayakan orang yang ada di bawahnya, karena posisinya tidak jauh dari jalan raya. Upaya penganggaran sudah dilakukan tapi masih mengalami berbagai kendala.

"Awalnya kami Komunitas Jagat Mengaji melaksanakan kegiatan takblig akbar di JIC. Kemudian kami melihat menara masjid yang miring. Kita prihatin dan takut terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, maka kami mufakat untuk membantu bagaimana agar menara tersebut bagus lagi. Kebetulan di komunitas kami mempunyai ahli dibidangnya setuju untuk membantu," ungkap Rezky Pratama, Ketua Komunitas Jakarta Mengaji.

"Kemudian Komunitas Jagat Mengaji menggalang dana kepada jamaah melalui media sosial Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube. Selain itu pendanaan juga patungan dari komunitas, dana talangan, dana dari kenclengan kajian di Masjid Salman, Masjid Astra, Masjid Syuhada, donasi melalui medsos ke rekening Yayasan Jagat Mengaji dan lainnya," tambah Rezky.

Sebenarnya, masih kata Rezky, setelah selesai memperbaiki makara menara masjid. Pihaknya akan mempercantik menara tersebut dengan mengecat ulang, memberi sentuhan lampu-lampu hias, memperindah sekitar menara.

"Tetapi ada yang lebih penting yang akan kita bantu, yaitu perbaikan kubah masjid JIC yang bocor di beberapa titik yang harus segera diperbaiki, agar jamaah bisa nyaman dalam ibadah terutama ketika hujan turun," sebut Rezky.

Sementara itu, Kepala Badan Managemen Jakarta Islamic Centre, KH Ahmad Shodri terkait hak itu mengucapkan terima kasih atas kepedulian dan bantuan demi kemakmuran masjid JIC.

"Kami sangat berterimakasih atas kepedulian dan bantuan dari Komunitas Jagat Mengaji. Berkat bantuannya, menara bisa bagus lagi. Sehingga keamanan dan kenyamanan jamaah terjamin. Semoga kerjasama selanjutnya bisa berkesinambungan. Demi kemakmuran masjid JIC," pungkasnya. (*)
Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com