Selamat Datang!

Bupati Tegal Luncurkan Program Wirausaha Pemuda Chapter Empat


SlAWi(ranahpesisir.com )
-Bupati Tegal Umi Azizah kembali meluncurkan program kompetisi Wirausaha Pemuda (WP) 2022 yang tahun ini memasuki chapter keempat. Peluncuran program berlangsung di Gedung Dadali, Jumat (01/04/2022) pagi. Tak kurang dari 331 orang pemuda telah mendaftar di program pencarian calon bos muda ini.


Lewat sambutannya, Umi mengatakan jika program Wirausaha Pemuda ini merupakan salah satu program unggulan di masa kepemimpinannya bersama wakilnya, Sabilillah Ardie. Melalui program ini, ide atau gagasan usaha potensial yang diusulkan peserta akan diseleksi dan diuji lewat serangkaian metode sebelum akhirnya ditetapkan menjadi 28 besar calon bos muda.


Program kompetisi wirausaha pemuda ini diharapkan menjadi trigger, disamping menampung minat pemuda untuk berwirausaha yang secara statistik di Indonesia berdasarkan survei World Economic Forum tahun 2019 terbilang tinggi, mencapai 35 persen.


“Sehingga penumbuhan wirausahawan pemula melalui skema kompetisi WP ini menjadi pilihan tepat untuk mematangkan ekosistem kewirausahaan di kalangan generasi muda, menyediakan edukasi, dan mendampingi pengembangan bisnisnya. Karena kultur wirausaha mesti dibentuk dan perlu proses jangka panjang, bukan seketika jadi,” jelas Umi.


Penumbuhan wirausaha menurutnya menjadi bagian dari upaya untuk bangkit dan tumbuh di masa pemulihan ekonomi nasional ini.


“Mari kita gaungkan semangat kewirausahaan di kalangan anak-anak muda. Ayo persiapkan diri kalian dan ambil tantangan ini untuk menguji gagasan bisnis kalian. Saya yakin, generasi muda Kabupaten Tegal adalah generasi yang cepat beradaptasi, inovatif, kolaboratif, serta selalu bersemangat membuat gebrakan baru,” ujarnya.


Di akhir sambutannya, Umi pun menitip pesan semua pihak bisa mendukung pelaksanaan program ini, baik dari kalangan pemerintah, swasta dan penggiat usaha lokal supaya dapat memberikan panggung seluas-luasnya kepada calon bos muda.


Sementara itu, Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tegal Bintang Surya Wicaksono mengatakan ada perubahan pada tahapan seleksi dari pelaksanaan program tahun sebelumnya. Perubahan ini, lanjut Bintang, mendasar masukan dari para alumni WP.


Menurutnya, pada tahap seleksi, dari yang sebelumnya 100 besar kemudian disaring menjadi 50 besar dan top 28, kini dirubah menjadi dari 100 besar terpilih menuju top 28. Sehingga untuk bagian seleksi 50 besar sudah dihapus atau tidak digunakan lagi.


“Tujuannya supaya ada pemerataan kepada 100 orang calon wirausahawan pemuda pemula untuk mendapat materi pelatihan dari seleksi awal hingga akhir,” tuturnya.


Adapun pendaftaran program WP ini sudah dibuka sejak 1 Maret hingga 31 Mei 2022 mendatang. Karena masih terdapat waktu dua bulan, Bintang mengajak para pemuda Kabupaten Tegal untuk mendaftar.


“Terhitung dari data yang masuk per 1 April ini sudah ada 331 orang pendaftar yang terdiri dari 225 orang laki-laki  dan sisanya perempuan. Sementara dari keseluruhan pendaftar tersebut, baru 91 orang yang sudah melampirkan ide atau gagasan usahanya,” pungkas Bintang. (*)

Share this post :




Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com