Selamat Datang!

PSSI Gelar Piala Presiden 2017

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia menggelar kejuaran sepakbola Piala Presiden. Gelaran tahun ini merupakan yang kedua setelah sebelumnya turnamen yang sama digelar di tahun 2015. Jika pada Piala Presiden 2015 Mahaka Sports and Entertainmet ditunjuk sebagai operator kejuaraan, untuk tahun ini digelar penuh oleh kendali PSSI.

Turnamen ini rencananya digelar pada 4 Februari hingga selesai pada bulan Maret 2017. Kejuaraan ini menjadi ajang uji coba peraturan baru liga oleh PSSI, sebelum dipakai pada Liga I pertengahan Maret 2017 nanti. Hak siar Piala Presiden 2017 diberikan kepada dua stasiun televisi di bawah grup Elang Mahkota Teknologi, yaitu Indosiar dan SCTV.

Ada 20 klub yang menjadi peserta Piala Presiden 2017. Diantaranya 18 klub yang berasal dari seluruh peserta Indonesia Soccer Championship A 2016, dan 2 tim sisanya berasal dari juara dan runner up Indonesia Soccer Championship B 2016, yakni PSCS Cilacap dan PSS Sleman. Kedua puluh klub terbagi ke dalam lima grup, masing-masing diisi empat peserta.

Grup 1 (PSS Sleman, Persipura Jayapura, Mitra Kutai Kertanegara, Persegres Gresik) akan dilaksanakan di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Grup 2 (Arema FC, Bhayangkara FC, Persija Jakarta, PS TNI) bermain di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen Kabupaten Malang.
Grup 3 (Persib Bandung, PSM Makasar, Persiba Balikpapan, Persela Lamongan) digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang Kabupaten Bandung.

Grup 4 (Bali United FC, Sriwijaya FC, Pusamania Borneo FC, PS Barito) dilangsungkan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar Bali.
Grup 5 (Madura United FC, Semen Padang FC, Perseru Serui, PSCS Cilacap) bertanding di Stadion Gelora Bangkalan, Madura.

Pertandingan pertama akan dilaksanakan di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Laga ini direncanakan akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Pada turnamen kedua kali ini, PSSI menguji coba beberapa peraturan khusus untuk klub pada Piala Presiden 2017 sebelum digunakan pada Liga 1 Indonesia 2017.

Peraturan tersebut, yakni lima (5) klub yang merupakan juara grup ditambah dengan tiga peringkat dua terbaik lolos ke babak gugur. Babak perempat final, semifinal, dan final akan berformat laga tunggal yang dimainkan di tempat netral. Pemain klub di bawah usia 23 tahun dapat dimainkan hingga 90 menit waktu pertandingan.

Selain itu, setiap klub diperbolehkan memasukkan lebih dari tiga pemain asing dalam susunan pemain. Akan tetapi, saat bermain di lapangan, klub harus mematuhi regulasi dua plus satu, atau dua pemain asing non-Asia dan satu pemain Asia.

Setiap klub mengontrak setidaknya lima pemain U-23 dan memainkan tiga di antaranya, serta setiap klub dilarang memasukkan pemain berusia di atas 35 tahun.(int/didik)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com