Selamat Datang!

D3 Komputer Poltek Tegal Gelar Seminar Internet of Think

Program Studi D3 Komputer Politeknik Harapan Bersama Tegal dalam rangka ikut berpartisipasi mewujudkan masyarakat yang peka terhadap perkembangan teknologi mengadakan kegiatan dengan tema Easy Your Life With Internet of Thing/foto: didik


TEGAL-Perkembangan Teknologi Informasi saat ini sangatlah pesat. Pasalnya, arus globalisasi yang semakin deras menuntut untuk mengembangkannya agar tidak ketinggalan zaman. Berbagai peralatan yang berbasis teknologi kini sudah marak diberbagai penjuru dunia.

Program Studi D3 Komputer Politeknik Harapan Bersama (Poltek) Tegal dalam rangka ikut berpartisipasi mewujudkan masyarakat yang peka terhadap perkembangan teknologi, terinspirasi mengadakan kegiatan dengan tema Easy Your Life With Internet Of Things.

Kegiatan yang diikuti 282 peserta dan 15 dosen menghadirkan narasumber, Arief Marwanto ST M Eng Phd selaku Kaprodi Magister Teknik Elektro Unisula Semarang, dan Laode Muhammad Idris ST  Juara Lomba Robotik Nasional dan Internasional tahun 2016, Senin (14/8) di Aula Gedung C Poltek Tegal.

Wakil Direktur I Poltek Tegal, Arfan Haqiqi Sulasmoro MKom mengemukakan, perguruan tinggi selain dapat digunakan sebagai cermin pola berpikir peserta didik dalam membangun idealisme yang mantap, juga merupakan sarana untuk berkarya dalam menghasilkan ide-ide atau inovasi-inovasi baru dalam bidang teknologi. Sehingga mampu menggerakkan perkembangan teknologi di masa yang akan datang.

Kegiatan seminar serta lomba teknologi merupakan kegiatan yang efektif untuk menambah gairah pola berpikir, dan penalaran peserta didik terhadap informasi teknologi dan komunikasi,” kata Arfan.

Internet of Things (IoT) memiliki konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat yang tersambung dalam koneksi internet secara terus menerus. Sebagai contoh benda elektronik, bahan pangan dan termasuk benda hidup serta masih banyak lagi.

Benda tersebut dapat ditanamkan sensor yang dibuat selalu aktif dan terhubung secara luas, baik dengan jaringan lokal maupun dengan jaringan global,” jelas Arfan.

Ka.Prodi DIII Teknik Komputer, Rais SPd MKom menyampaikan, seminar ini diadakan untuk untuk menambah gairah pola berpikir dan penalaran mahasiswa terhadap informasi teknologi dan komunikasi, serta memberikan informasi perkembangan teknologi internet.

Internet of Things (IoT) telah menjadi topik yang hangat untuk dibicarakan akhir-akhir ini. IoT tidak hanya menjadi suatu konsep yang mempengaruhi hidup manusia, tetapi bagaimana IoT bisa membantu memudahkan kehidupan manusia,” terang Rais.

IoT, lanjut Rais, adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia, atau manusia ke komputer. IoT telah berkembang dari konvergensi teknologi nirkabel, microelectromechanical systems (MEMS) dan Internet.

Dalam kesempatan itu, Laode Muhammad Idris ST menyampaikan terkait informasi Kontes Robot Indonesia (KRI) yang terdiri dari Kontes Robot Abu Robocon Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Sepakbola Indonesia (KRSBI) dan Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI).

Laode juga menceritakan pengalaman pada kompitisi lomba robot pemadam api Indonesia, baik tingkat nasional dan internasional. Tujuannya untuk memotivasi mahasiswa Prodi DIII Teknik Komputer agar berinovasi, memberikan iklim berkompetisi dengan perguruan tinggi lain melalui keikutsertaan lomba robotik yang sesuai dengan fokus kurikulum Prodi DIII Teknik Komputer.

Sementara, Arief Marwanto ST MEng Phd menjelaskan mengenai What are Things, Internet of Things, Sample IoT Applications, Whats Smart, Why IoT Now, Integrasi sensor, dan jaringan komunikasi serta algoritma kecerdasan buatan (AI, Expert Systems, ANN, etc) pada piranti dan peralatan yang digunakan manusia untuk kemudahan dan maslahat hidup manusia.

Komponen utama di IoT yaitu, Sensor, Internet, Things dan People. Contoh IoT yang dapat dijadikan referensi tugas akhir mahasiswa, seperti Smart Health, Smart Grid, Smart Home, Smart Cities, Smart Industries, Smart Watch, Smart Car, Smart Agriculture, Smart Farming dan Smart Wheather,” pungkas Arief. (didik yuliyanto)



Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com