Selamat Datang!

Ketua YPP: “Tujuan Organisasi Jangan Digunakan sebagai Paradoks”

Ketua Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP) Tegal Dr H Imawan Sugiharto SH MH mengucapkan selamat kepada wisudawan dan terima kasih serta penghargaan kepada Rektor UPS berserta panitia yang telah merancang dan melaksanakan kegiatan wisuda dengan baik dan lancar/foto: didik


TEGAL- Selamat kepada wisudawan dan keluarga yang pada hari ini diwisuda sebagai Magister, Sarjana dan Ahli Madya, mudah-mudahan setelah diwisuda dapat menambah rasa syukur dan ibadah kepada Allah SWT, serta dapat menjadi jalan pengabdian saudara bagi Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Demikian awal sambutan Dr Imawan Sugiharto SH MH selaku Ketua Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP) Tegal, dengan tema “Pemantapan Strategi Menuju Keunggulan Strategik 2017-2021” yang disampaikan dalam acara Wisuda Magister ke-3, Sarjana ke-58 dan Ahli Madya ke-37 Periode Genap 2016/2017 Universitas Pancasakti Tegal.

Saya sampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Rektor dan Panitia yang telah merancang dan melaksanakan kegiatan wisuda ini dengan baik dan lancar,” kata Ketua YPP dihadapan Koordinator Kopertis VI Jawa Tengah, Ketua APTISI Jawa Tengah, Walikota dan Forkompinda Kota Tegal, Bupati Tegal, Brebes, Pemalang dan Pekalongan, Rektor UPS Tegal, Pimpinan Perguruan Tinggi, Pimpinan Instansi Pemerintah dan Swasta, Anggota Senat UPS Tegal, seluruh Pejabat Struktural, Dosen, Karyawan serta Alumni UPS Tegal, serta seluruh Wisudawan dan keluarganya.

Pengembangan organisasi merupakan bagian penting dalam sistem pendidikan di Perguruan Tinggi Swasta. Hal ini mempunyai pengaruh yang kuat terhadap keberhasilan pencapaian tujuan perguruan tinggi, khususnya pengembangan organisasi yang menyangkut persepektif keuangan, costumer, proses bisnis/jasa pendidikan, pembelajaran dan pertumbuhan.

Perencanaan strategik digunakan untuk mempertajam fokus organisasi, agar semua sumber organisasi digunakan secara optimal untuk melayani misi organisasi itu. Apa yang sudah dirumuskan dalam Statuta, Renstra dan berbagai aturan dilingkungan YPP harus dipatuhi dan dilaksanakan sebagai pedoman pengambilan keputusan,” jelas Ketua YPP.

Fokus perencanaan strategik adalah pada pengelolaan strategik, artinya penerapan pemikiran strategik pada tugas memimpin sebuah organisasi guna mencapai tujuan organisasi, bukan tujuan pribadi atau kelompok.

Tujuan Organisasi jangan digunakan sebagai paradoks, sehingga menimbulkan ketidakjelasan, kontradiksi, dan ketidaknyamanan,” tegas Ketua YPP.

Untuk mencapai sebuah strategi yang telah ditetapkan oleh organisasi dalam rangka mempunyai keunggulan kompetitif, maka kepada pimpinan Universitas haruslah bekerja dalam sebuah sistem yang ada pada proses perencanaan strategis (strategic planning). Pimpinan harus mampu menggerakan mesin organisasi guna mencapai Visi, Misi, Tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

Semua sumber daya yang ada harus dipergunakan secara tepat, sehingga dapat menjadi sebuah instrumen dalam pelaksanaan  perencanaan stategis. Saya harap sudah tidak ada lagi pimpinan dan seluruh civitas akademika yang bekerja hanya dengan kebiasaan-kebiasaan sebelumnya. Pada era teknologi saat ini kita harus bergerak untuk lebih memberikan pelayanan terbaik bagi mahasiswa dan masyarakat,” kata Ketua YPP, mengingatkan.

Semua akses harus dilakukan dengan mudah dan cepat, untuk efisiensi saya harap pimpinan Universitas sudah menggunakan semua komunikasi dengan unit kerja dengan teknologi informasi e-mail dan edaran-edaran elektronik, sehingga pengeluaran dibidang administrasi dapat digunakan untuk peningkatan peralatan. Pemenuhan sarana informasi eletronik telah kami penuhi, pemanfaatannya dan pemeliharaan kami serahkan kepada Universitas,” lanjut Ketua YPP.

Ketua YPP berharap, maping sumber daya manusia yang berbasis IT dan berdedikasi tinggi dalam bekerja ini menjadi perhatian pimpinan Universitas, agar Universitas dapat melayani dengan lebih baik, baik terhadap sesama pimpinan, dosen, karyawan juga mahasiswa.

Dengan jumlah Dosen dan Karyawan sekitar 360-an, sebenarnya ini sudah merupakan modalitas besar untuk peningkatan UPS Tegal menuju AIPT yang unggul. Namun disana sini masih ada keluhan lambatnya pelayanan administrasi kepada Civitas Akademika,” ujar Ketua YPP.

Dalam kesempatan ini, ia menyampaikan ucapan selamat kepada Fakultas Teknik, yang sudah mencapai Akreditasi B, Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen, Fakultas Hukum Program Sarjana juga Program Pasca Sarjana.

Mohon doa semua yang hadir disini, agar proses akreditasi berjalan lancar dan mendapatkan pengakuan terbaik yaitu Peringkat A,” harap Ketua YPP.

Sehubungan dengan itu, ia pun mendorong para alumni untuk melanjutkan ke program Pasca Sarjana yang ada di lingkungan Universitas Pancasakti. Magister Pendidikan, Magister Manajemen dan Magister Ilmu Hukum, yang sudah dimiliki dan menunggu saudara-saudara semua.

Mohon doa dan dukungan wisudawan yang sebentar lagi menjadi Alumni Universitas Pancasakti, agar UPS ke depan lebih baik, lebih maju dan tetap bertahan menghadapi berbagai tantangan,” harap Ketua YPP.

Akhirnya saya mohon dimaafkan apabila dalam penyelenggaran pembelajaran dan aktivitas selama mengikuti pendidikan di Univesitas Pancasakti Tegal ada hal-hal yang kurang baik pelayanannya,” pungkasnya. (didik yuliyanto)






Share this post :

Berita Populer

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com