Selamat Datang!

SMAN 2 Brebes Raih Penghargaan Anti Corruption Awards dari KPK

Siswa-siswi SMA Negeri 2 Brebes kembali meraih juara nasional pada ajang Lomba Vlog Anti Korupsi yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui akun Instagram @kosmikui dan @official,kpk/foto: wasdiun


BREBES-Siswa-siswi SMA Negeri 2 Brebes kembali meraih juara nasional  pada Lomba Vlog (Video Blog) Anti Korupsi yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui akun Instagram @kosmikui dan @official.kpk.

Dua Tim SMA Negeri 2 Brebes yang mengikuti ajang vlog nasional dengan tema “Cara dan Gaya Gue Lawan Korupsi” itu, semuanya mendapatkan Juara Favorite I dan II.

“Ga disangka, ternyata kami juara,” tutur Luthfian sang Sutradara yang juga pemain vlog saat ditemui di SMA Negeri 2 Brebes, Jumat (15/9).

Fian menceritakan, seperti pembuatan film beneran, 10 anak SMA Negeri 2 membentuk dua tim. Untuk memenuhi persyaratan sebagaimana pembuatan film, dibuatlah rumah produksi bernama Dadakan Production.

Selanjutnya dilengkap penulis naskah Arifa Dwi, Sutradara Luthfian, Editor Aga Yanuar dan Akhmad Ajmal, serta Karna Muhammad sebagai kameramen. Namun secara bergantian, mereka menjadi pemeran juga.
Vlog yang berbentuk film pendek tersebut berjudul “Pak, Minta Kursi” yang menceritakan upaya menyuap pejabat agar dapat jabatan tinggi dibawah naungan kekuasaannya.

Tim kedua, mereka menamakan diri Gugupan Production. Penulis naskah Nindya Ayu, sutradara, M Fathul Qolbi, Kameramen M Setyo Dwi, dan editor Andhika Wahyu  serta para pemeran Pratama Raka semua yang terlibat.

Kali ini mereka menggarap vlog dalam bentuk film pendek dengan judul “Khilaf” yang menceritakan tindakan korupsi yang cukup umum terjadi dalam bentuk mark up proposal.

Dalam lomba vlog kali ini, lanjut Fian, ada beberapa bahan penilaian yakni meliputi orisinalitas, alur, pesan, teknik pengambilan gambar, animasi, penggunaan musik yang tepat agar tidak dicekal YouTube, dan durasi video. Sedangkan untuk kriteria penilaian vlog favorit dinilai dari jumlah view, like, dan comment video yang diupload di YouTube.

“Dari awal penulisan naskah, proses syuting, sampai editing dilakukan secara gotong royong. Bahkan lembur beberapa malam rela dilakukan demi bisa menyelesaikan vlog yang dikerjakan dan bisa mengikuti Lomba Vlog Anti Korupsi,” terangnya.

Penganugrahan terbaik diberikan pada acara Indonesia International Book Fair (IIBF) di Jakarta Convention Center (JCC) Sabtu (9/9) lalu. SMA Negeri 2 Brebes berhasil memperoleh penghargaan Vlog Favorit I dan II, dimana tim Dadakan Production memperoleh penghargaan Vlog Favorit I yang berhak menerima hadiah trofi, sertifikat, dan uang pembinaan sebesar Rp 1 juta.

Sedangkan tim Gugupan Production memperoleh penghargaan Vlog Favorit II yang berhak menerima hadiah berupa trofi, sertifikat, dan uang pembinaan sebesar Rp 500 ribu.

Hadiah diserahkan langsung oleh Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dan Grup Head Unit Pusat Edukasi Anti Korupsi Direktorat Pendidikan Pelayanan Masyarakat, Sandri Justiana.

Sementara, Kepala SMA Negeri 2 Brebes Dr Sadimin menambahkan, lomba vlog ini merupakan sarana bagi para pemuda Indonesia untuk menuangkan kreatifitas, dan idenya untuk memberantas korupsi di Indonesia yang semakin mengkhawatirkan dari tingkat bawah.

Melalui lomba vlog ini, para peserta bebas menuangkan ide-idenya mengenai upaya pemberantasan korupsi yang dapat dilakukan anak-anak muda, dan dapat menampilkan bakatnya dalam menyampaikan ide-idenya didepan kamera.

“Saya bangga dan gembira, ternyata anak-anak SMA Negeri 2 Brebes mampu berkreasi dan berinovasi yang jitu,” pungkasnya. (wasdiun/didik)



Share this post :

Berita Populer

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com