Selamat Datang!

Desa Bisa Sejahtera Karena Ada Kreatifitas dan Inovasi

Camat Tarub Kabupaten Tegal Munawar/foto: yekti
SLAWI- Desa bisa meningkat kesejahteraannya karena ada kreatifitas dan inovasi dari masing-masing desa itu sendiri.

Hal itu disampaikan Camat Tarub Kabupaten Tegal, Munawar saat memberikan sambutan pada acara pengambilan sumpah/janji anggota BPD se Kecamatan Tarub, Rabu (3/10).

Munawar menyampaikan, bahwa masing-masing desa itu mempunyai potensi yang harus digali. Kira-kira yang cocok untuk pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) itu seperti apa.

Ia pun memberikan gambaran, bahwa Desa Ponggok di Kabupaten Klaten adalah desa yang luar biasa. Pasalnya, pendapatan asli desa atau PAD desa per tahun mencapai Rp 14 miliar.

"Karena disana ada BUMDes yang usahanya banyak, ada perikanan darat yang diurus oleh Ibu-ibu PKK. Perikanan darat itu setahun bisa menghasilkan PAD Rp 300 juta, dan ada sumber mata air dengan kolam renangnya serta ada kerjasama dengan air kemasan," papar dia.

Menurutnya, kalau hal itu bisa terwujud di wilayah Kecamatan Tarub, maka tingkat kesejahteraan masyarakat desa akan terdongkrak.

"Disana ada dana sosial untuk pendidikan anak-anak SD, SMP dan SMA serta biaya untuk rumah sakit," ujarnya.

Dalam hal ini, tambah dia, BPD juga berhak menyelenggarakan musyawarah desa (musdes) pada agenda yang mengharuskan musdes, salah satunya membahas rencana berdirinya BUMDes.

"BUMDes itu bentuknya Perdes, kalau Perdes berarti harus dibahas bareng-bareng antara desa dengan BPD," pungkasnya. (yekti/red)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com