Selamat Datang!

Bawaslu Petarukan Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

Bawaslu Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang gelar kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif/foto: yus miladi
PEMALANG- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif dengan melibatkan para tokoh masyarakat di wilayah Kecamatan Petarukan bertempat di Rumah Makan Bamboe Ijo, Kamis (4/10).

Ketua Bawaslu Kecamatan Petarukan, Harsono mengatakan, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan sebagai upaya mengajak keterlibatan seluruh calon pemilih, khususnya para tokoh masyarakat untuk terlibat dalam rangka pengawasan jalannya proses Pemilu.

"Peran dari kalangan masyarakat sangat diharapkan dalam rangka pengawasan jalannya proses pemilu. Tak hanya kewajiban KPU, Bawaslu juga turut berkewajiban mensukseskan pemilu agar semakin berkualitas," tegas Harsono.

Selain itu, lanjut dia, sosialisasi juga merupakan tindakan pencegahan dari terjadinya pelanggaran-pelanggaran pemilu di Kabupaten Pemalang.

Unsur Muspika dan tokoh masyarakat Kecamatan Petarukan turut hadir dalam kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif/foto: yus miladi
Sementara, Kasie Trantib Kecamatan Petarukan, Waluyo menambahkan, sosialisasi bertujuan mengakomodir peran serta masyarakat dalam mengawasi penyelenggaraan pemilu yang harapannya berkurangnya pelanggaran penyelenggaran pemilu, sebagai suatu esensi dari paradigma pencegahan pelanggaran pemilu.

"Jika ada informasi awal yang ingin disampaikan, pada prinsipnya Panwaslu selalu terbuka. Saya harap masyarakat bisa mengawasi penyelenggaraan pemilu dari mulai tahap pemutakhiran data, verifikasi faktual, jadi ketika ada informasi yang ingin disampaikan kami selalu terbuka," pungkasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Pemalang Herry Setyawan SH, tokoh masyarakat, unsur Muspika Kecamatan Petarukan, serta Bawaslu Kecamatan Petarukan sebagai penyelenggara. (yus miladi)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com