Selamat Datang!

Jaring Aspirasi Desa, Musrenbangcam Taman Digelar

Musrenbangcam tahun 2019 digelar di Aula Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang, Rabu (13/2/2019)/foto: yusmiladi
PEMALANG- Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang tahun 2019 dengan tema "Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat dan Budaya Asli Berdasarkan Potensi Unggulan Daerah menuju Pemalang yang Berjatidiri" digelar, di Aula Kecamatan Taman, Rabu (13/2/2019).

Kegiatan yang merupakan wadah, sekaligus proses perencanaan pembangunan untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat, sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi di masing-masing desa.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Camat Taman, BPM Wibowo dihadiri sekitar 167 orang, terdiri dari berbagai unsur yang ada di tiap-tiap desa. Musrenbang rencananya akan dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 13 sampai 14 Februari 2019.

Camat dalam kesempatan itu, mengharapkan peran aktif dari peserta yang hadir dalam musrenbangcam. Menurutnya, musrenbang jangan hanya dijadikan kegiatan ceremonial saja. Usulan program pembangunan, agar bermanfaat untuk mengentaskan kemiskinan di desa-desa.

Karenanya diminta tokoh-tokoh masyarakat, Perbekel, LPM,BPD bisa memformatkan Anggaran Pendapat Belanja Desa dengan baik yang disingkronisasikan dengan program Pemerintah Daerah.

“Semua dana diusulkan programnya untuk mengentaskan kemiskinan dan mensejahterakan masyarakat, “ tegasnya.

Dicontohkan, program pembangunan yang diusulkan menyangkut perbaikan jalan desa, air, RTLH dan bantuan-bantuan pertanian.

Sebelumnya, Camat Taman melaporkan Musrenbang Kecamatan Taman diikuti oleh seratus orang peserta delegasi dari 19 Desa dan 2 Kelurahan. Mereka merupakan para perbekel, BPD,LPM dan delegasi yang ditunjuk saat Musrenbang Desa. Usulan-usulan dari masing-masing desa tersebut nantinya akan di musyawarahkan di musrenbang.

Usulan-usulan dari masing-masing desa terdiri dari usulan pembangunan fisik dan non fisik . Diantara usulan itu, ada beberapa desa yang mengangkat usulan permasalahan banjir, RTLH, kebutuhan pembangunan yang dipandang sangat perlu di Desa.

Camat juga menegaskan, bahwa tidak semua usulan tersebut dapat tercover semua, nantinya usulan-usulan tersebut akan digodog lagi di tingkat kabupaten.

Turut hadir dalam pembukaan Musrenbang Kecamatan ini, Muspika Kecamatan Taman , sejumlah anggota DPRD, SKPD, LPMD serta unsur-unsur yang lain. (yusmiladi)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com