Selamat Datang!

PHB Berikan Pelatihan Internet Learning Bagi Guru SMK

Pelatihan internet learning bagi guru SMK merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat/foto: doc PHB Tegal
TEGAL-Sebagai salah satu pengamalan bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, Tim Dosen Prodi D IV Teknik  Informatika Politeknik Harapan Bersama (PHB) Tegal  bekerjasama dengan 20 mahasiswa, belum lama ini  memberikan kegiatan Pelatihan Internet Learning bagi guru SMK atau sederajat yang ada di wilayah Kabupaten Pemalang dan Kota/Kabupaten Pekalongan.

Kegiatan ini diselenggarakan di SMK PGRI 2 Comal, SMK Muhammadiyah Wiradesa Kabupaten Pekalongan, SMK Muhammadiyah Kota Pekalongan dan MA Salafiyah Yapensa Jenggot Kota Pekalongan. Kegiatan yang diikuti kurang lebih 80 guru tersebut dilaksanakan diwaktu yang bersamaan dengan tim yang berbeda.

Drs H Ghozali, MSi selaku Kepala SMK Muhammadiyah Kota Pekalongan mengapresiasi program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan Prodi D IV Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama. Pihaknya merasa senang atas kedatangan tim yang telah memberikan banyak pengetahuan kepada para guru di sekolahnya mengenai pemanfaatan ICT dalam pembelajaran, yang dalam hal ini Pelatihan Internet Learning.

Ka.Prodi D IV Teknik Informatika Ginanjar Wiro Sasmito, M.Kom menyampaikan, bahwa sebagai pendidik sudah tentu harus bisa menyesuaikan dengan keadaaan, dimana sekarang penggunaan teknologi sebagai tool dan media pembelajaran menjadi sebuah kebutuhan, walaupun sedikit terlambat tapi tetap harus memulainya.

Media  pembelajaran berbasis ICT, lanjut Ginanjar, merupakan sebuah terobosan dalam dunia pendidikan yang mampu memudahkan, mengefisiensikan serta mengefektifkan proses pembelajaran. Oleh karenanya, sebagai pendidik harus mampu memanfaatkannya sebagai pendukung proses pembelajaran.

“Harapannya kedepan setelah mengikuti pelatihan ini, para guru bisa menerapkannya sebagai salah satu metode pembelajaran  dalam mengajar mata pelajaran  kepada seluruh siswa, serta dapat menyebarluaskan ilmu yang telah didapat saat pelatihan tersebut untuk dilaksanakan,” tambahnya.
Pemateri pada kegiatan tersebut dibagi dalam 4 tim. Tim 1 antara lain Taufiq Abidin, SPd  MKom dan Slamet Wiyono, SPd M.Eng bertugas di SMK PGRI 2 Comal Kabupaten Pemalang. Tim II, yakni Dairoh, MSc dan Oman Somantri, MKom bertugas di SMK Muhammadiyah Wiradesa Kabupaten Pekalongan.

Tim III yaitu T Bayu Sasongko, SKom M.Eng dan Ginanjar Wiro Sasmito, MKom bertugas di SMK Muhammadiyah Kota Pekalongan. Tim IV, diantaranya Dega Surono Wibowo, ST MKom dan M. Fikri Hidayatullah, ST Mkom mendapatkan tugas di MA Salafiyah Yapensa Jenggot Kota Pekalongan. Masing-masing tim tersebut dibantu oleh 5 mahasiswa dari semester 1 dan 3 sebagai instruktur.

Terpisah, Direktur Politeknik Harapan Bersama Mc. Chambali, B.Eng MKom mengapresiasi atas apa yang telah dilaksanakan oleh Tim Prodi D IV Teknik Informatika. Dikatakan Chambali, Pelatihan Internet Learning yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa D IV Teknik Informatika merupakan kolaborasi yang sangat baik dalam melaksanakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi. (didik yuliyanto)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com