Selamat Datang!

Tahun 2016, DPU Kota Tegal Pasang 530 LPJU

Sebagai solusi untuk menciptakan sebuah kota yang aman dan menyenangkan, salah satu jalan nasional di Kota Tegal juga tak luput dari pemasangan lampu PJU baru/foto:didik yuliyanto
TEGAL- Pemerintah Kota Tegal terus berbenah di bidang infrastruktur. Berbagai langkah dilakukan sebagai penopang arus perekonomian masyarakat dengan mengimplementasikan peningkatan sarana dan prasarana pendukung. Salah satunya adalah peningkatan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) sebagai solusi menciptakan sebuah kota yang aman dan menyenangkan.

Guna meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan, khususnya pada malam hari serta untuk memberikan keindahan dan keamanan lingkungan, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tegal di tahun anggaran 2016 lalu kembali melakukan pengantian dan pemasangan lampu baru yang merupakan alat bantu navigasi pengguna jalan.

Menurut Kepala Dinas PU Kota Tegal Sugiyanto, ST MT melalui Kasie PJU, Sudjatmiko, ST, kegiatan tahun 2016 meliputi penggantian lampu lama dan pemasangan lampu baru di wilayah Kota Tegal yang belum ada lampu penerangan jalan umum (LPJU). Upaya itu dilakukan untuk mendongkrak sektor pariwisata dan keindahan tata ruang kota.

“Dengan jumlah LPJU yang memadai dapat memberikan keamanan kepada masyarakat agar terhindar dari tindak kriminal, sehingga akan terbangun keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat, termasuk menjadi dorongan bagi masyarakat luar daerah untuk datang ke Kota Tegal,” kata Jatmiko disela melakukan pemantauan dan pengecekan rutin lampu jalan umum di sepanjang jalan protokol Kota Tegal.

Dikemukakan dia, saat ini hampir semua ruas jalan di Kota Tegal sudah diterangi lampu jalan yang memadai. Tahun 2016 pemasangan LPJU baru sebanyak 530 titik diseluruh wilayah Kota Tegal. Ditambah pemasangan lampu highmas (tiang lampu sorot) sebanyak 25 titik, serta 6 titik di kawasan Pantai Alam Indah (PAI), Pusat Promosi dan Informasi Bisnis (PPIB), Rusunawa, Pantai Muarareja, Polder Bayeman, Kejambon atau sekitar RSUD Kardinah, Pasar Langon, Pasar Martoloyo, Jalan Brawijaya-Mataram, Jalan Hang Tuah serta Taman DPRD Kota Tegal dan diruang publik lainnya.
“LPJU jalan kota sekitar 530-an, termasuk pemasangan penerangan di 4 kecamatan sebanyak 222 titik LPJU. Kemudian pemasangan lampu hias di kanan kiri Kali Bacin, Kali Gung serta Sungai Sibelis, dan total dengan jalan lingkungan sekitar 800 titik,” jelas Jatmiko.

Dia mengungkapkan, selain intens melakukan pengecekan lampu PJU, tahun anggaran sebelumnya Dinas PU juga telah memasang lampu highmas di berbagai wilayah, termasuk pemasangan lampu penerangan jalan mulai Jalan Mayjen Sutoyo, Jalan Gajahmada, Jalan Martoloyo dan beberapa jalur alternatif yang ada di Kota Tegal.

Sedangkan untuk penerangan jalan umum, tahun 2016 telah dilaksanakan kegiatan pemasangan LPJU yang dilengkapi smart sistem di beberapa jalan protokol. Diantaranya, Jalan Veteran, Jalan A Yani, Jalan AR Hakim, Jalan Sultan Agung, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Yos Sudarso, Jalan Teuku Umar, Jalan KS Tubun, Jalan Kartini, Jalan Ahmad Dahlan, Jalan Kapt Sudibyo, Jalan Tentara Pelajar dan beberapa jalan penting lainnya di Kota Tegal.

Dengan jumlah pemasangan sekitar 800 titik di tahun 2016, kini Kota Tegal menjadi lebih terang. Gemerlap itu pun dirasakan warga terutama pada malam hari. Salah satunya, Retno (40) warga Jalan Cempaka yang mengaku senang karena Jalan Kartini menjadi lebih terang. “Selain berguna untuk mengurangi kerawanan, jalan menjadi lebih terang dan nyaman di malam hari,” kata Retno.

Sementara itu terkait diatas, Enny Yuningsih, SH selaku anggota DPRD Kota Tegal mengapresiasi upaya positif tersebut. Menurutnya, dengan penerangan jalan yang merata diharapkan keamanan, kenyamanan dan ketentraman di malam hari bisa dinikmati masyarakat Kota Tegal pada khususnya, dan pengguna jalan pada umumnya. (didik yuliyanto)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com