Selamat Datang!

Pemkab Tegal Gelar Sosialisasi Penanggulangan HIV/AIDS

Kegiatan sosialisasi penanggulangan HIV AIDS/foto: Humas Pemkab Tegal
SLAWI- Untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran penyakit HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus/ Acquired Immune Deficiency Syndrome) yang mematikan dan belum ada obatnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal mengadakan sosialisasi penanggulangan HIV/AIDS.
Acara yang dihelat di Balaidesa Dukuhjati Kidul Kecamatan Pangkah KabupatenTegal dibuka  oleh Wakil Bupati Tegal Hj UmiAzizah yang didampingi Asisten Administrasi Pembangunan Sekda dan Camat Slawi, Pangkah, Dukuhwaru, Lebaksiu dan Tarub. Acara juga dihadiri sejumlah tokoh masyarakat dan ulama.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkab Tegal, Fakihurrokhim menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menghindari adanya stigma negatif dan diskriminasi masyarakat terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA) terutama tentang pemulsaran jenazah ODHA.
Wabup dalam sambutannya meminta agar masyarakat tidak perlu khawatir akan tertular virus HIV saat memandikan jenazah ODHA. Penularan virus HIV hanya bisa melalui darah, sperma dan cairan vagina, sehingga orang yang menyentuh jenazah ODHA selama proses perawatan jenazah tidak perlu takut tertular HIV.

“Pencegahan dan penularan HIV/AIDS harus terus dilakukan, sehingga kematian akibat AIDS dapat ditekan, termasuk menekan terjadinya stigma dan diskriminasi terhadap ODHA,” harap Wabup.
Sementara berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, kasus HIV/AIDS saat ini mencapai 553 kasus. Dari jumlah tersebut 324 kasus sudah terjangkit virus HIV, sedangkan 229 kasus sudah sampai pada kondisi AIDS. Dari total kasus tersebut sudah 91 orang meninggal akibat penyakit tersebut. (didik)
Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com