Selamat Datang!

Calon Pemimpin Harus Sehat Sejak Dini

Mahasiswa KKN UPS Tegal sosialisasikan cara menggosok gigi dan mencuci tangan yang benar kepada anak -anak PAUD Al Maidah Desa Kertabesuki Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes/foto: andri rumangsa


BREBES- Mahasiswa KKN UPS Tegal 2017 menggelar sosialisasi gosok gigi dan mencuci tangan yang benar, serta perlombaan dalam rangak memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-72 kepada anak-anak di Desa Kertabesuki Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes, Rabu (10/8) lalu.

Sosialisasi yang di ikuti 50 anak PAUD Al Maidah, dipimpin oleh Koordinator KKN Desa Kertabesuki, Eko Prasetyo. Dalam kesempatan itu, mahasiswa KKN UPS menyerahkan secara simbolis alat kebersihan gigi dan mulut kepada 4 perwakilan anak yang mengikuti kegiatan tersebut.

Sosialisasi bertujan untuk memberikan pengertian dan mengajarkan kepada anak-anak tentang cara menyikat gigi dan mencuci tangan yang benar, sehingga terhindar dari masalah mulut seperti gigi berlubang, carries gigi dan lain-lain.

Saefuroh, Kepala PAUD Al Madinah menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya, selain berada di pedukuhan, anak didiknya masih minim pengetahuan tentang cara menggosok gigi dan mencuci tangan memakai sabun yang benar, sehingga pengetahuan yang ditanamkan sejak dini akan mempengaruhi gaya hidup anak-anak kelak.

Handri, salah satu mahasiswa KKN dari jurusan Ilmu Pemerintahan mengungkapkan, bahwa  pemahaman hidup sehat bagi anak-anak sangat penting, selain untuk membiasakan diri hidup sehat, anak-anak yang merupakan calon pemimpin kelak juga harus sehat untuk siap mengabdi kepada keluarga dan bangsa, sehingga sangat penting kesehatan ditanamkan sejak dini.


Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan, Yoga Prihatin menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu pilar dalam melaksanakan kegiatan KKN Posdaya UPS Tegal di bidang kesehatan, selain bidang lainnya yaitu ekonomi, pendidikan dan lingkungan yang manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

Setelah pelaksanaan demo gosok gigi dan cuci tangan, anak-anak PAUD diajak ke lapangan untuk mengikuti lomba pentung pendil, joget balon, membawa kelereng dengan sendok, dan memasukan pensil dalam botol.

Terkait diatas, mahasiswa KKN menyiapkan hadiah  untuk peserta. Sebelum lomba dimulai, mahasiswa juga mengajak anak-anak untuk menyanyikan lagu perjuangan dan mengingat  nama-nama pahlawan kepada anak-anak PAUD. (andri rumangsa)
Share this post :

Berita Populer

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com