Selamat Datang!

Camat Harus Lebih Optimal Berikan Pelayanan

Bimbingan teknis (bintek) camat dan lurah se-Kabupaten Brebes dilaksanakan di Grand Dian Hotel Brebes/foto: wasdiun


BREBES- Dalam Pasal 225 Ayat 2 dinyatakan, bahwa dalam pelaksanaan tugasnya camat memperoleh pelimpahan sebagian wewenang Bupati atau Walikota untuk menangani urusan otonomi daerah. Oleh karena itu, camat berkedudukan dibawah dan bertanggungjawab kepada Bupati atau Walikota melalui Sekda.

Atas nama Bupati Brebes, Sekda H Emaztoni Azam mengemukakan, camat dan lurah adalah pemerintahan terdekat dengan rakyat, karena menjadi penyambung pemerintah dengan masyarakat. Sehingga menjadi tumpuan utama dalam berbagai persoalan dan pembangunan yang diharapkan mampu menjembatani serta membuat keputusan yang tepat ketika berhadapan dengan masyarakat.

“Sehubungan dengan adanya pelimpahan kewenangan tersebut, maka peran kecamatan dalam pelayanan kepada masyarakat pun akan semakin bertambah,” jelas Sekda saat membuka bimbingan teknis (bintek) camat dan lurah se-Kabupaten Brebes di Grand Dian Hotel Brebes, Jumat (17/11) lalu.

Ditambahkan, mekanisme pelaksanaan sebagian kewenangan Bupati yang dilimpahkan kepada camat sudah diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 082 Tahun 2017, dan Keputusan Bupati Brebes Nomor 138/483 Tahun 2017. Bentuk pelimpahan itu diantaranya, menangani aspek perizinan, rekomendasi, koordinasi, pembinaan, pengawasan, fasilitasi, penetapan, penyelenggaraan dan kewenangan lain yang dilimpahkan.

“Camat harus lebih optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan diharapkan hal itu akan berdampak kepada kepatuhan masyarakat dalam melaksanakan hak dan kewajiban sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku, sehingga akan menjadikan pemerintahan menjadi lebih baik,” pungkasnya.

Bintek dipandu oleh I Made Sutama dari Trainning Specialis Kompak Jakarta, dan dihadiri Kepala Bagian Pemerintahan Setda Brebes Warsito Eko Putro, 17 camat dan 5 lurah se-Kabupaten Brebes. Kegiatan tersebut berlangsung hingga tanggal 20 November 2017, dan akan dilanjutkan dengan studi banding ke Karanganyar serta Surakarta.(wasdiun/didik)


Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com