Selamat Datang!

Cegah Abrasi, DLH dan Lanal Tegal Tanam Mangrove

Kegiatan penanaman mangrove dilaksanakan guna menjaga garis pantai agar tetap stabil, dan membentengi dari abrasi. Selain itu mangrove mempunyai dampak baik dalam meningkatkan kualitas lingkungan/foto: istimewa


SLAWI- Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bekerjasama dengan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tegal melakukan penanaman 8000 bibit mangrove (bakau) di Desa Padaharja Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, Selasa (17/10) lalu.

Kegiatan penanaman mangrove dilaksanakan guna menjaga garis pantai agar tetap stabil, dan melindungi atau membentengi dari abrasi. Selain itu, mangrove mempunyai dampak baik dalam meningkatkan kualitas lingkungan.

Kepala DLH Kabupaten Tegal Agus Subagyo mengatakan, penanaman mangrove ini sebagai salah satu upaya menjaga garis pantai agar tetap stabil, serta melindungi dari abrasi dan intrusi air laut.
Pangkalan Angkatan Laut Tegal dan Pemkab Tegal melakukan penanaman 8.000 bibit mangrove di Desa Padaharja Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal

"Mangrove atau bakau adalah tanaman yang tumbuh di air payau, dan dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Biasanya mangrove atau bakau tumbuh di tempat dimana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik. Mangrove juga merupakan jenis tanaman dengan sistem perakaran yang kompleks, rapi dan lebat," terang Agus.

Agus menyebutkan, di beberapa wilayah Kabupaten Tegal telah terkena dampak abrasi. Diantaranya,  Purwahamba, Suradadi, Munjungagung, Padaharja, dan Dampyak.


Sementara itu, Komandan Lanal Tegal, Letkol Mar SB Manurung mengemukakan, kegiatan dalam rangka memperingati HUT TNI Ke-72 berupa penanaman mangrove ini untuk mendukung program pembangunan nasional. Disamping itu, kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan sebagai wujud sumbangsih pelestarian lingkungan pesisir pantai dari ancaman abrasi, dan menjaga ekosistemnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kelautan Peternakan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Tegal Toto Subandriyo, Paspotmar Lanal Tegal Kapten Laut (P) Subandi, Perwira Staf Lanal Tegal, Ketua Jalasenastri Cabang 7 Tegal, Camat Kramat, Kades Padaharja, Kades Munjungagung, serta Pramuka Saka Bahari dan pelajar.(didik yuliyanto)

Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com