Selamat Datang!

Rakor Percepatan Kepemilikan Akte Kelahiran

Pemkab Brebes bekerjasama dengan LPPSP menggelar rakor kepemilikan akte kelahian di Aula Kantor Kecamatan Paguyangan Brebes/foto: Humas Pemkab Brebes


BREBES- Pemerintah Kabupaten Brebes bekerjasama dengan Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Sumberdaya Pembangunan (LPPSP) menggelar rapat koordinasi kepemilikan akte kelahiran, di Aula Kantor Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes, Rabu (25/10) lalu.

Terkait diatas, terdapat tiga desa yang menjadi pilot project kepemilikan akte kelahiran, yakni Desa Wanatirta, Desa Kedungoleng dan Desa Cipetung yang diharapkan tuntas dalam masalah kepemilikan akte kelahiran, terutama usia 0-18 tahun.

Darto selaku Sekretaris Camat Paguyangan dalam Rapat Koordinasi dan Fasilitasi Data Adminduk hasil penjaringan sektor non capil menyampaikan, selain tiga desa piloting project, diharapkan program ini juga diikuti oleh sembilan desa lain di wilayah Kecamatan Paguyangan.

“Agar semua anak usia 0-18 tahun di Kecamatan Paguyangan memiliki akte kelahiran dan akte kematian, dan kita harus mensosialisasikan kepengurusan akte kematian bagi penduduk yang meninggal dunia,” terang Darto.

Sementara, Koordinator LPPSP Kabupaten Brebes, Hanung Basworo ST mengemukakan, penjaringan dan pengumpulan data anak usia 0-18 tahun yang memiliki akte kelahiran dan penduduk meninggal yang tidak memiliki akte kematian, dapat dilakukan melalui jalur kesehatan dan jalur desa.

“Untuk jalur kesehatan, Dinas Kesehatan juga sudah ada Program Bayi Lahir Akta dan KK langsung terbit (Bangkit), sedangkan untuk desa bias bekejasama dengan forum selapanan yang ada di tiga desa tersebut,” jelas Hanung.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Brebes, Kepala UPT Dindikpora Kecamatan Paguyangan, Kepala KAU Kecamatan Paguyangan, Kepala RSUD Brebes, dan Kepala Puskesmas Paguyangan. (wondo/didik)  



Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com