Selamat Datang!

Hujan, Wabup Tegal Tetap Semangat Pimpin Upacara Bela Negara

Dibawah guyuran hujan, Wakil Bupati Tegal Dra Hj Umi Azizah tetap semangat menjadi inspektur upacara Bela Negara ke-69 dihalaman belakang Setda Kabupaten Tegal/foto: Humas Pemkab Tegal


SLAWI - Wakil Bupati Tegal Dra Umi Azizah, menjadi inspektur upacara Bela Negara ke-69 di halaman belakang Setda Kabupaten Tegal, Selasa (19/12) yang dimulai sekira pukul 07.30 WIB. Hadir dalam upacara tersebut, unsur dari ASN Pemerintah Kabupaten Tegal, Kodim 0712 Tegal dan Polres Tegal dan siswa SMA di wilayah Kecamatan Slawi.

Meskipun dibawah guyuran hujan lebat, Wabup Tegal dan peserta upacara tetap hikmat mengikuti upacara tersebut sampai selesai. Wabup Tegal yang membacakan amanat Presiden RI mengatakan, bahwa  dirinya ingin mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk melakukan aksi nyata dalam pembelaan negara.

“Di era ketergantungan terhadap teknologi informasi telah membawa kita semua pada cara pandang kita terhadap berbagai kemungkinan ancaman,” katanya.

Memasuki era milenium ini, lanjut Wabup Tegal sudah barang tentu tantangan dan ancaman terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah maupun keselamatan segenap bangsa tidak lagi bersifat tradisional atau ancaman militer, tetapi sudah bersifat multidimensional dan berada di setiap lini kehidupan.

Memasuki era milenium ini, tantangan dan ancaman terhadap kedaulatan negara dan keutuhan wilayah maupun keselamatan segenap bangsa tidak lagi bersifat tradisional atau ancaman militer, tetapi sudah bersifat multidimensioanal dan berada di setiap lini kehidupan.

Oleh karena itu, bentuk aktualisasi kecintaan kepada tanah air atau patriotisme dan nasionalisme sudah barang tentu jauh berbeda dengan era perjuangan para pendahulu kita, karena bentuk dan sifat ancaman yang dihadapi pun berbeda.

Wabup Tegal juga menyampaikan pesan kepada para pemuda untuk senantiasa kritis terhadap upaya memecah belah bangsa, merendahkan martabat bangsa dan senantiasa waspada terhadap upaya infiltrasi ideologi dengan cara yang sangat halus dan kekinian yang ingin merubah atau menggantikan Pancasila dan ingin memecah belah NKRI.

“Generasi muda harus berperan dan bangga dengan ke-Indonesiaannya serta harus hebat untuk dirinya, untuk bangsanya, dan negaranya,” tegasnya.

Diakhir amanatnya, Wabup Tegal menyampaikan pesan, bahwa bela negara merupakan tugas sejarah kita, adalah membela negara ini dari kemiskinan, keterbelakangan, kebodohan dan ketergantungan.

“Tugas Bela Negara ini adalah tugas yang maha berat yang ada di depan mata kita saat ini. Tapi dengan semangat persatuan, kerja keras dan perjuangan kita bersama, tugas sejarah itu bisa kita pikul bersama,” pungkasnya. (@tik)


Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com