Selamat Datang!

Mendambakan Sosok Ideal Walikota Tegal


Oleh: Didik Yuliyanto
Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tegal sesuai jadwal akan dilaksanakan 27 Juni mendatang. Wajar bila sekarang sudah muncul perbincangan seputar sosok walikota baru. Dilihat dari sisi positifnya, hal ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggungjawab masyarakat dalam menyiapkan pemimpinnya.

Berbagai kegiatan seperti blusukan, dialog dan lainnya sudah mulai digelar. Aktifitas tersebut sedikit banyaknya telah mengawali pembentukan sebuah wacana, terutama menyangkut kriteria, sosok dan figur yang diinginkan. Harapan masyarakatpun melambung untuk mencari sosok ideal yang dimaksud. Sulit memang mencari figur yang bisa memenuhi kriteria tersebut, karena semua itu adalah cerminan ekspresi dan apresiasi dari sebagian masyarakat.

Ada kriteria yang terasa normatif namun mengundang keluhuran tinggi, seperti jujur, bermoral, memiliki nilai religius dan demokratis. Disamping persyaratan lain yang lebih terukur, yang semua itu mengindikasikan kerinduan warga terhadap kehadiran seorang pemimpin yang baik. Termasuk menyangkut kapabilitas terutama dikaitkan dengan kebutuhan Kota Tegal pada masa sekarang dan akan datang, yang secara teknis mempunyai kemampuan serta kecerdasan.

Figur yang mampu mengembangkan jaringan baik dilingkup karesidenan, propinsi maupun nasional atau pusat. Mampu memasarkan wilayah Kota Tegal dan melakukan fungsi manajemen serta lainnya. Tentunya menyoal moralitas dan integritas bisa melihat track recordnya.

Pada akhirnya bisa disepakati bahwa wacana tentang figur walikota dan wakil walikota yang dikembangkan sejak awal pada gilirannya akan mampu melakukan seleksi dini untuk menepis calon-calon yang tidak diinginkan oleh masyarakat. Dengan Pilwalkot secara langsung oleh rakyat, figur yang terpilih menjadi walikota kemungkinan adalah yang terbaik, yakni sosok ideal yang dipercaya dan mempunyai akar ke masyarakat.

Kita berharap semoga Pilwalkot Tegal Juni mendatang dapat terlaksana dengan baik, aman, tertib, dan fair. Sehingga dambaan sosok ideal Walikota dan Wakil Walikota Tegal yang kredibel dan mendapat dukungan luas dapat terwujud. Semoga. (Penulis adalah Pemimpin Redaksi ranahpesisir.com)
Share this post :

Berita Populer

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com