Selamat Datang!

Pemkab Tegal Akan Kukuhkan Badan Promosi Pariwisata Daerah

Pjs Bupati Tegal Sinoeng N Rachmadi dalam audensi dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga diruang kerjanya mengapresiasi berdirinya Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD)/foto: Setda Pemkab Tegal


SLAWI – Begitu besarnya potensi pariwisata di Kabupaten Tegal, Pemerintah Kabupaten Tegal akan mengukuhkan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) pada rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Tegal bulan Mei mendatang.

Pjs. Bupati Tegal, Sinoeng N Rachmadi, dalam audiensi dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga  di ruang kerjanya, Jum’at (9/3) mengatakan bahwa dirinya mengapresiasi atas berdirinya badan ini sebagai usaha mempromosikan pariwisata di Kabupaten Tegal. Sinoeng mengatakan bahwa selama tiga minggu tinggal di Kabupaten Tegal, dirinya merasa “WOW” ternyata di Kabupaten ini punya banyak spot lokasi wisata dan event budaya yang layak dijual namun gaungnya tidak terdengar sampai di Semarang. Menurutnya hal ini dikarenakan kurangnya promosi  baik itu melalui media cetak, elektronik maupun media sosial.

Dengan dibentuknya BPPD ini, Sinoeng juga menginginkan badan ini kaya fungsi meskipun belum dikukuhkan. “Saya tunggu kiprah badan ini untuk mempromosikan pariwisata Kabupaten Tegal” tutur Alumnus FISIP UGM ini. Kepada pengurus BPPD, Sinoeng juga meminta badan ini untuk membuktikan keberadaanya  pada momen hari jadi Kabupaten Tegal bulan Mei mendatang dengan melibatkan anak muda untuk mempromosikan event di Kabupaten Tegal baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga  (Dinas Parpora) Kabupaten Tegal, Suharinto, mengatakan bahwa pembentukan BPPD merupakan amanat dari UU Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. Menurut Suharinto bahwa untuk meningkatkan laju perkembangan pariwisata maka perlu BPPD dan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) di daerah. Suharinto mengatakan bahwa langkah pertama yang akan dilaksanakan adalah menyamakan presepsi dengan BPPD dan PHRI dalam mengembangkan konsep promo wisata Kabupaten Tegal kedepannya. Suharinto juga menyatakan bahwa mereka adalah mitra Dinas Parpora untuk promo wisata di Kabupaten Tegal. “Kalau tidak ada mereka maka akan pincang” katanya.

Ketua BPPD, Eko Budihartono, mengatakan bahwa tujuan audiensi dengan Pjs. Bupati Tegal adalah untuk meminta arahan darinya tentang bagaimana pengembangan promosi pariwisata di Kabupaten Tegal. Pada kesempatan tersebut, Eko juga memperkenalkan satu-persatu pengurus BPPD yang berasal dari beragam profesi seperti dari petani tebu, pelaku UMKM, jurnalis, birokrat dan pelaku usaha di bidang pariwisata.

Setelah mendapatkan arahan Pjs. Bupati Tegal, Eko menyatakan bahwa langkah kongkrit pertama yang akan dilaksanakan pihaknya adalah seluruh produk dari mitra BPPD baik hotel maupun restoran memberikan diskon pada hari jadi Kabupaten Tegal bulan mei yang akan datang. Pihaknya akan meyebarkan surat edaran kepada Hotel dan Restoran juga untuk memberikan display produk UMKM Kabupaten Tegal dengan memberikan harga diskon kepada pengunjung.(Setda Pemkab Tegal)

Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com