Selamat Datang!

Pemkot Semarang Raih Predikat Best Smart Living City

Kota Semarang mendapat predikat Best Smart Living dan Best Smart Economy City dalam Nominasi Indonesia Smart Nation Award/foto: humas pemkot semarang
SEMARANG- Kota Semarang mendapat predikat Best Smart Living dan Best Smart Economy City dalam Nominasi Indonesia Smart Nation Award, pada perhelatan pameran terbesar di Asia Tenggara di bidang industri konstruksi, arsitektur dan gedung, Indobuildtect 2018 di Nusantara Hall, ICE-BSD, Tangerang Selatan.

Predikat tersebut menjadi kado istimewa Kota Semarang yang baru saja merayakan HUT ke 471 pada 2 Mei 2018. Penghargaan diserahkan Menteri Pariwisata RI Arief Yahya kepada Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang diwakili oleh Kepala Diskominfo Kota Semarang, Nana Storada, Kamis (3/5)

"Saya rasa ini menjadi kado istimewa ulang tahun Kota Semarang sekaligus menjadi motivasi untuk kita kemudian memperkuat dan meningkatkan semangat di dalam mewujudkan konsep smart city," ungkap Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

Implementasi smart city yang kerap dilakukan oleh Pemerintah Kota Semarang dalam segala hal diharapkan benar-benar mampu mewujudkan kemudahan dan kesejahteraan bagi masyarakat.

ISNA 2018 merupakan kali ketiga kegiatan ini diselenggarakan oleh Citiasia Inc yang berangkat dari semangat mengkampanyekan praktik pintar (smart) dalam pelaksanaan proses pembangunan di Indonesia.

Ini merupakan sebuah penghargaan yang diberikan kepada daerah-daerah dengan pencapaian terbaik dalam pelaksanaan smart city yang dikembangkan oleh Citiasia Inc, ISNA 2018 dan dilaksanakan melalui beberapa tahapan, yaitu proses penilaian indeks dan penjurian oleh para pakar di bidang smart city di Indonesia.

Proses penilaian indeks, ISNA 2018 diukur menggunakan berbagai parameter yang berasal dari data capaian pembangunan kota, kabupaten dan provinsi di Indonesia sejak tahun 2014 hingga tahun 2017. Juga melibatkan data hasil investigasi terhadap exposure seluruh daerah di lebih dari 260.000 artikel pemberitaan yang terdapat di lebih dari 30 media cetak dan elektronik nasional yang dimulai dari bulan Januari 2017 hingga Desember 2017.

Sedangkan proses penjurian dilakukan melalui rapat dewan juri yang dilaksanakan pada tanggal 26 April 2018 di Jakarta. Dalam sidang dewan juri tersebut, disepakati sebuah transformasi dalam ISNA 2018. Transformasi tersebut terutama dalam hal kategori penerima penghargaan yang pada tahun sebelumnya diberikan kepada pemerintah daerah tingkat kota, kabupaten dan provinsi yang dibagi ke dalam 3 kategori daerah, yaitu besar, sedang dan kecil berdasarkan populasi penduduk. Pada tahun 2018, kategori penerima penghargaan diberikan berdasarkan kinerja pada dimensi smart city dan kesiapan smart citysmart city readiness. (humas pemkot semarang)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com