Selamat Datang!

20 Peserta Perkemahan Pramuka Santri Dilepas

20 peserta Perkemahan Pramuka Santri Nusantara dilepas di Sanggar Pramuka Kwarcab 11.28 Tegal/foto: istimewa
SLAWI- Sebelum mengkuti Perkemahan Pramuka Santri Nusantara di Bumi Perkemahan Ponpes Darul Amanah, Kendal. Duapuluh peserta yang terdiri satu sangga putra dan satu sangga putri dilepas oleh Plt Bupati Tegal Umi Azizah yang diwakili oleh Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Fakihurrohman, di Sanggar Pramuka Kwarcab 11.28 Tegal, Jumat (6/7).

Dalam sambutannya, Fakih memberikan apresiasi kepada peserta dikalangan santri yang masih mencintai pramuka. Dalam pandangan Islam modern, konsep santri tidaklah sekaku yang selama ini di persepsikan bersarung, berpeci, pernah mukim di pesantren mengkaji ilmu agama dan sebagainya.

“Untuk itu, saya memandang bahwa keikutsertaan kontingen pada pelaksanaan kemah santri ini adalah kesempatan yang baik untuk mengembangkan pola pikir anak-anak kita, membangun karakter dan budi pekerti anak-anak, santri adalah bagian dari NKRI yang disatukan oleh kesatuan ideologi anak bangsa yang terdiri dari beragam suku, budaya, agama, ras dan golongan,” paparnya.

Semangat kebangsaan dan keikaan itulah yang kemudian melandasi pemikiran Kiai Wahab atas bimbingan Mbah Hasyim Asy’ari mencetuskan adagium hubbul wathan minal iman atau cinta tanah air bagian dari iman dan menggubah lagu bertajuk “Syubanul Wathan” sebagai upaya sekaligus pesan kepada generasi penerus untuk terus merawat nasionalisme, mengembangkan jiwa patriotisme dan memperkuat kesetiakawanan sosial.

Pada kesempatan ini, Fakih berpesan kepada seluruh kontingen untuk memanfaatkan kesempatan kemah santri ini sebagai ajang untuk mengembangkan potensi diri, memperkuat nilai-nilai kebangsaan dan sikap nasionalisme.

“Saat pelaksanaan kegiatan, tunjukkan kemampuan dan keterampilan kalian dengan tetap menjunjung tinggi sportifitas serta mengedepankan akhlakul karimah, jaga kebersamaan dan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari budayakan perilaku bertegur sapa dan jaga kebersihan,” tegasnya. (*/yekti)
Share this post :

Berita Populer

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com