Selamat Datang!

BKAD Petarukan Adakan Pelatihan Siskeudes

BKAD Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang melaksanakan pelatihan Siskeudes selama 4 hari, Minggu hingga Rabu (1-4/7) di Hotel Duta Wisata Guci Kabupaten Tegal/foto: yusmiladi
PEMALANG- Siskeudes merupakan suatu aplikasi sistim keuangan yang dibuat oleh BPKP. Pada awalnya aplikasi ini diberi nama SIMDA Desa sebagai standar pelaporan APBDes. Dalam perkembangannya berubah nama menjadi Siskeudes dan mulai disosialisasikan di desa-desa di seluruh Indonesia. Tujuan dibuatnya Siskeudes ini adalah untuk membantu desa dalam melaksanakan tata kelola keuangan desa yang efektif dan efisien.

Untuk menunjang hal tersebut, Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang melaksanakan agenda pelatihan Siskeudes kepada para perangkat desa sebagai pengelola dana desa (DD) yang diikuti oleh 19 desa, dimana setiap desa mengirimkan 3 perangkat desa, masing-masing sekretaris desa, kaur perencanaan serta kaur keuangan, dan dilaksanakan selama 4 hari mulai Minggu-Rabu (1-4/7) di Hotel Duta Wisata Obyek Wisata Guci Kabupaten Tegal.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermasdes) Kabupaten Pemalang, Drs Tutuko Raharjo MSi dalam sambutannya menekankan pentingnya pelatihan ini supaya dalam pelaporan pengelolaan dana desa akan lebih mudah penyusunannya.

Sedangkan, Camat Petarukan Drs Sukisman MA sangat mendukung pelatihan Siskeudes ini. Pihaknya berharap nantinya para perangkat desa dapat dengan mudah membuat laporan pengelolaan dana desa. "Kegiatan pelatihan ini juga dibimbing oleh para Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa se Kecamatan Petarukan," imbuh Sukisman.

Sementara, Edi Kusnadi AMK dari BKAD selaku ketua panitia dalam laporannya menjelaskan, tujuan dari diadakannya pelatihan ini supaya perangkat desa nantinya mampu mengoperasikan sistim aplikasi Siskeudes. (yusmiladi)
Share this post :

Berita Populer

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com