Selamat Datang!

Dinpermades Adakan Pembinaan dan Asistensi Manajemen Pengelolaan BUMDes

Dinpermades Kabupaten Pemalang melaksanakan kegiatan Pembinaan dan Asistensi Manajemen Pengelolaan BUMDes, di Kecamatan Ampelgading/foto: yus miladi
PEMALANG- BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) diproyeksikan muncul sebagai kekuatan ekonomi baru di wilayah perdesaan. UU Desa memberikan payung hukum atas BUMDes sebagai pelaku ekonomi, yang mengelola potensi desa secara kolektif untuk meningkatkan kesejahteraan warga desa.

Seperti di Kabupaten Pemalang, BUMDes sudah didirikan di setiap desa yang tersebar di 14 kecamatan yang ada. Pemerintahan Kabupaten Pemalang sendiri melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermasdes) sangat fokus terhadap kelanjutan dari BUMDes.

Dalam agendanya, Dinpermasdes melaksanakan kegiatan "Pembinaan dan Asistensi Manajemen Pengelolaan BUMDes" yang kali ini bertempat di Kecamatan Ampelgading, Selasa (24/7).

Semua perwakilan dari desa-desa yang ada di Kecamatam Ampelgading hadir dalam kegiatan Pembinaan dan Asistensi Manajemen Pengelolaan BUMDes/foto: yus miladi
Kegiatan ini dihadiri oleh semua perwakilan dari desa-desa yang ada di Kecamatan Ampelgading, dimana tiap desa mengirimkan 3 orang perwakilannya yang terdiri dari Direktur BUMDes, Pengawas BUMDes dan Perangkat Desa.

Camat Ampelgading Drs Mulyanto MAP dalam sambutannya menegaskan, bahwa kegiatan ini merupakan agenda yang sangat penting demi kemajuan BUMDes, yang diharapkan menjadi sumber kekuatan baru peningkatan ekonomi di desa.

Irma sebagai Tenaga Ahli dalam kegiatan ini menyampaikan materinya, bahwa tujuan dari kegiatan ini agar para pengelola BUMDes dapat mengetahui sudah sejauh mana berjalan, dan bagaimana langkah selanjutnya untuk pengembangan kedepan.

Selanjutnya para peserta mengisi beberapa laporan yang terkait dengan kondisi BUMDes, seperti Profil dari masing-masing BUMDes, Laporan Perkembangan BUMDes, jenis usaha yang dijalankan serta rencana peningkatan BUMDes kedepan.

"Dari data-data ini kita akan dapat memantau dan mengelompokkan kategori BUMDes yang ada di Kecamatan Ampelgading. Hal ini yang nantinya akan mempermudah dalam pembinaan ataupun membantu peningkatan pengelolaan BUMDes yang sudah berjalan," imbuh Irma.

Sementara, Kepala Dinpermasdes Kabupaten Pemalang melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kerjasama Desa, Triyatno SIP MP menghimbau kepada semua peserta agar dapat berperan aktif dan serius dalam mengembangkan BUMDes.

"Kami akan selalu terbuka dan siap membantu semua hal yang berkaitan dengan BUMDes, kami telah menyediakan 'klinik BUMDes' yang diharapkan dapat menjadi wadah dalam mengiringi perjalanan BUMDes," pungkasnya. (yus miladi)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com