Selamat Datang!

Umi Azizah Sampaikan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2017

Bupati Tegal Dra Hj Umi Azizah
SLAWI- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tegal menggelar Rapat Paripurna kembali dengan agenda jawaban Bupati Tegal atas pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Tegal terhadap Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2017, di Ruang Rapat DPRD, Senin (2/7).

Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Tegal Firdaus Assyairozi yang diwakili oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Tegal Hasan Munawar. Turut hadir Plt Bupati Tegal Umi Azizah serta Forkompinda Kabupaten Tegal.

Penyampaian Raperda bertujuan memberikan laporan hasil pelaksanaan dan penyelenggaraan keuangan daerah tahun anggaran 2017.

Dalam penyampaiannya, Umi menjelaskan untuk lebih memprioritaskan peningkatan kualitas pelayanan publik, pelayanan pendidikan, kesehatan maupun insfrastruktur, sehingga anggaran akan tersalurkan dengan baik serta dapat mewujudkan visi dan misi, “Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Tegal yang Mandiri, Berbudaya, Religius dan Sejahtera,”.

Masih dengan Umi, berkaitan dengan anggaran belanja daerah yang masih terdapat perbedaan antara perencanaan dan realisasinya, kami sepakat untuk dilakulan pengkajian dan peningkatan kinerja yang tepat kerja dan tepat sasaran dalam mensikapi dan penempatan pos-pos secara porposional, sehingga diharapkan pada tahun-tahun mendatang Pemerintah Kabupaten Tegal lebih baik lagi dan lebih maju pembangunannya.

"Selain itu kami juga sepakat untuk memaksimalkan penyusunan dan penetapan anggaran, sehingga target yang diinginkan juga lebih maksimal untuk terus berupaya agar pendapatan dari tahun ke tahun terus meningkat,” paparnya.

Dijelaskan, pendapatan daerah secara umum terealisasi sebesar Rp. 25,475 miliar atau 98,94% dari Rp. 25,749 miliar. Pendapatan itu berupa Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berasal dari kegiatan pembiayaan atau investasi berupa penyertaan modal pada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Lembaga Keuangan Bank.

Pada sisi pendapatan hibah, dari total anggaran Rp. 162 miliar terealisasi Rp. 153 miliar (94,55%). Sedangkan dari pendapatan lainnya dari total anggaran Rp. 19 miliar terealisasi Rp. 17 miliar atau 88,52%.

“Kami sepakat bahwa pendapatan daerah harus diimbangi dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat karena bagaimanapun sumber pendapatan asli daerah berasal dari masyarakat,” ungkapnya.

Umi menambahkan, dari Laporan Realisasi Anggaran bahwa secara umum Pendapatan Asli Daerah melebihi target anggaran yang ditetapkan yaitu terdapat selisih lebih 1,47%.

“Hanya memang untuk pos retribusi daerah masih terdapat selisih kurang 7,26%. Kami akan melakukan inovasi dan strategi khusus sehingga PAD Kabupaten Tegal lebih dapat ditingkatkan untuk tahun-tahun mendatang,” tegasnya.

Rapat Paripurna berjalan lancar. Selanjutnya akan diadakan Rapat Pembahasan Pertanggungjawaban APBD TA 2017 oleh Komisi I, II, III dan IV DPRD Kabupaten Tegal.(setda.pemkab.tegal)


Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com