Selamat Datang!

Pemkab Tegal Gelar Sosialisasi Kependudukan

Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal, Widodo Joko Mulyono saat memberikan sambutan pada kegiatan sosialisasi kependuduan yang diselenggarakan Pemkab Tegal melalui Disdukcapil/foto: istimewa


SLAWI- Dokumen administrasi kependudukan (Adminduk) adalah hak administratif setiap warga negara. Oleh karenanya, perlu adanya kerjasama dari semua masyarakat. Adminduk juga  sebagai sistem yang dapat memberikan pemenuhan atas hak-hak administratif penduduk dalam pelayanan publik. Adminduk memberikan perlindungan yang berkenaan dengan penerbitan dokumen kependudukan, tanpa ada penerbitan yang diskriminatif melalui peran aktif pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Hal itu disampaikan Plt Bupati Tegal, Umi Azizah diwakili Sekretaris Daerah, Widodo Joko Mulyono saat menghadiri kegiatan sosialisasi kependudukan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Rabu (29/8).

Dikemukakan dia, kepemilikan dokumen kependudukan itu sangat penting, dan saat ini mutlak dibutuhkan. Selain sebagai bukti legalitas bagi masyarakat, juga sebagai acuan untuk penetapan alokasi anggaran, pelayanan publik, perencanaan pembangunan, pembangunan demokrasi hingga penegakan hukum dan pencegahan kriminal oleh pemerintah dan lembaga terkait. Guna menginformasikan kepada masyarakat mengenai pentingnya pemahaman serta kepemilikan dokumen kependudukan.

“Kepada seluruh peserta untuk memperhatikan jalannya kegiatan, sehingga setelah mengikuti sosialisasi ini panjengengan bisa menularkan informasi ini kepada tetangga atau lingkungan sekitar. Tugas pokok panjenengan adalah membantu kepala desa atau lurah dan Disdukcapil dalam memberikan pelayanan pendaftaran penduduk dan kependudukan,” terang dia.

Ditambahkan, kepada perangkat desa atau petugas registrasi untuk membantu pemerintah dan pemerintah daerah, dalam memberikan layanan berupa pelaporan peristiwa kependudukan. (didik)



Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com