Selamat Datang!

Bupati Tegal Terima Penghargaan Menkeu

Plt Bupati Tegal Umi Azizah menerima penghargaan dibidang pengelolaan keuangan negara yang diserahkan oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo/foto: Humas Pemkab Tegal
SLAWI- Pemerintah Kabupaten Tegal mendapat penghargaan dari Menteri Keuangan atas keberhasilannya menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2017 dengan capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Penghargaan di bidang pengelolaan keuangan negara, diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada Plt Bupati Tegal Umi Azizah pada acara Rapat Koordinasi Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Jawa Tengah dengan Pemda se-Jawa Tengah di Hotel Novotel Semarang, Rabu siang (31/10).

Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah, Sulaimansyah dalam sambutannya mengatakan, bahwa penghargaan yang diberikan atas hasil penilaian BPK RI tersebut diharapkan mampu mendorong terwujudnya akuntabilitas dan transparasi pengolahan keuangan daerah.

“Dari parameter tersebut BPK memberikan penilaian dalam bentuk opini, apakah WTP, Wajar Dengan Pengecualian (WDP), Tidak Wajar (TW) dan Tidak Melakukan Pemeriksaan (TMP)," katanya.

Ditengah permasalahan ekonomi global dan pembangunan yang kian kompleks, Sulaimansyah menuturkan, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah perlu mengambil langkah-langkah strategis untuk menjamin setiap program pembangunan di daerah.

“Peran akuntabilitas diwujudkan dalam bentuk sharing peningkatan kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), workshop akuntansi persediaan, Focus Grup Discussion (FGD) pengelolaan BLUD, serta penyusunan Kajian Fiskal Regional (KFR) dan Government Finance Statistic (GFS),” terangnya.

Sementara, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, bahwa capaian WTP bukan jaminan daerahnya terbebas dari praktik korupsi. WTP adalah indikasi kewajaran pada semua hal yang bersifat material sesuai dengan (SAP) Standar Akuntansi Pemerintahan. (humas)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com