Selamat Datang!

Bursa Inovasi Desa Refleksikan Manfaat Dana Desa

Bupati Pemalang Junaedi didampingi Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa saat mengunjungi stand Bursa Inovasi Desa/foto: yusmiladi
PEMALANG- Dana Desa sebagai sumber kekuatan pembangunan desa sudah menjadi perhatian dan harapan bagi seluruh warga masyarakat desa. Di Kabupaten Pemalang sendiri Dana Desa (DD) sudah dapat merangsang pertumbuhan ekonomi diwilayah desa masing-masing.

Terkait diatas, Selasa (27/11), bertempat di Gedung Serbaguna Kabupaten Pemalang dilaksanakan acara "Bursa Inovasi Desa" yang merupakan refleksi dari sejauh mana manfaat yang telah dirasakan dari adanya DD tersebut.

Acara ini diprakarsai oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermasdes) Kabupaten Pemalang. Acara ini menampilkan produk-produk inovasi desa yang memanfaatkan sumber dana desa.

Bursa Inovasi Desa kali ini diikuti oleh hampir semua desa yang ada di Kabupaten Pemalang, seperti Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dimana masing-masing desa yang telah mendirikan BUMDes menampilkan produk-produk inovasi unggulan mereka. Selain itu, kelompok-kelompok usaha yang ada di desa juga menampilkan inovasi produk mereka.

Kepala Dinpermasdes Kabupaten Pemalang, Drs Tutuko Raharjo MSi dalam sambutannya menyampaikan, bahwa di Kabupaten Pemalang pemanfaatan DD sudah sangat baik, dibuktikan dengan banyaknya potensi-potensi desa yang sudah mulai muncul dari masing-masing desa. Hal itu sesuai dengan arahan dari Gubernur Jawa Tengah "Satu Desa Satu Inovasi".

Pada kesempatan ini juga Bupati Pemalang, Junaedi berkesempatan memberikan hadiah kepada para pemenang Lomba Sistem Informasi Desa (SID).

Bupati berharap semua prestasi ini dapat menjadikan kemaslahatan bagi seluruh warga desa yang ada di Kabupaten Pemalang khususnya.

Pembukaan Bursa Inovasi Desa ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Pemalang Junaedi/foto: yusmiladi
Pembukaan acara Bursa Inovasi Desa ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Pemalang didampingi oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Pemalang.

Selanjutnya Bupati didampingi Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa yang memprakarsai BUMDes yang ada di Kabupaten Pemalang, mengunjungi masing-masing stand yang menampilkan produk inovasi unggulan dari desa mereka.

Acara Bursa Inovasi Desa diharapkan dapat menjadikan kemahaslatan bagi seluruh warga desa/foto: yusmiladi
Irma Rahmawati SE selaku Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa menjelaskan tentang potensi-potensi yang ada di tiap desa, bahwa dari 211 desa yang ada di Kabupaten Pemalang, sudah terbentuk 205 BUMDesa, dan 12 BUMDes Bersama yang ada di tiap kecamatan.

"Semoga kedepan BUMDes dapat lebih menggali potensi yang ada," ujarnya.

Diakhir acara, Bupati berharap BUMDes dan UMKM yang ada di desa dapat menjadi sumber kekuatan ekonomi baru di desa. (yusmiladi)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com