Selamat Datang!

Dana Desa Banyak Dirasakan Manfaatnya

Bupati Tegal Umi Azizah saat menghadiri acara Bursa Inovasi Desa (BID) di Gedung Korpri Slawi/foto: istimewa
SLAWI- Pemerintah pusat memberikan perhatian yang sangat besar kepada desa. Kabupaten Tegal sendiri di tahun 2019 mendatang akan mendapatkan peningkatan Dana Desa (DD), dari sebelumnya Rp 282,2 miliar menjadi Rp 340,9 miliar. Namun demikian, dengan peningkatan Dana Desa tersebut diharapkan banyak inovasi desa bermunculan.

Bupati Tegal Umi Azizah saat menghadiri acara Bursa Inovasi Desa (BID) di Gedung Korpri Slawi, Selasa (11/12) berharap, kedepan penggunaan DD tidak hanya untuk urusan infrastruktur saja. Tetap dapat digeser untuk keperluan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa serta inovasi desa.

Dikemukakan, tidak sedikit manfaat yang sudah dirasakan masyarakat dari DD demi kemajuan dan pembangunan desa tersebut. Bahkan DD dapat mendukung menurunnya angka kemiskinan di Kabupaten Tegal. Termasuk stanting atau kekurangan gizi. Selain itu, pemberdayaan PAUD dan Polindes sebagai investasi masa depan anak-anak.

"Dari DD juga banyak bermunculan wisata-wisata desa yang sudah berhasil diangkat, dan dampaknya memberikan nilai tambah bagi masyarakat desa. Termasuk inovasi peternakan, pertanian, persampahan, energi terbarukan, pengelolaan air bersih, ketenagakerjaan hingga memproduksi barang jadi," terangnya.

Penyelenggaraan BID ini diharapkan mampu dijadikan pengalaman, tukar informasi, pemikiran, serta ide gagasan untuk pembangunan dan pemanfaatan DD. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggungjawabannya. (dik)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com