Selamat Datang!

Walkot Semarang dan Menteri LHK Kunjungi PLTSa Jatibarang

Walikota Semarang Hendrar Prihadi dampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dalam Apel Besar HPSN di TPA Jatibarang Semarang/foto: istimewa
SEMARANG- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya didampingi Walikota Semarang Hendrar Prihadi, dalam rangka Apel Besar peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019 melakukan kunjungan ke fasilitas Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) dengan teknologi Landfill Gas LPG yang dibangun di kawasan TPA Jatibarang Kota Semarang, Minggu (24/2/2019).

Menteri LHK menyampaikan, bahwa pengelolaan sampah sangat penting demi mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Pengelolaan sampah juga bisa menjadi barang yang menghasilkan.

"Terima kasih kepada seluruh bank sampah, dan bahwa peringatan HPSN ini juga terkait dengan regolusi mental yang digagas Presiden Joko Widodo," ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Semarang menjelaskan, sekitar 1.100 ton sampah hingga 1.200 ton per harinya, memerlukan upaya pencegahan penumpukan sampah di TPA. Sehingga perlu adanya pengendalian dan kampanye 3R (Reduce, Reuse, Recylce).

Selain itu, masih kata Walikota, sekitar 250 ton sampah per harinya diolah menjadi pupuk, dan sebagian gas metannya untuk kompor dan disalurkan ke 150 warga.

"Ayo sedulur lakukan tindakan nyata dengan terus menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya dengan tertib," pungkasnya. (rina/dik)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com