Selamat Datang!

HPSN, Brebes Gelar Giat Bersih Bersama Masyarakat

Brebes wujudkan sinergi dalam mengurangi sampah/foto: istimewa
BREBES- Kelola Sampah, Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai menjadi tema peringatan dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019. Kegiatan bersih-bersih bersama masyarakat ini dilaksanakan di kota-kota yang memiliki sungai dan pantai. Hal itu untuk mewujudkan sinergi dalam mengurangi sampah, termasuk plastik.

Salah satunya kegiatan bersih-bersih yang digelar di Kabupaten Brebes yang dihadiri Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam Kementerian Lingkungan Hidup RI, Ir Laksmi Wijayanti MCP. Selain itu, Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, anggota Forkopimda Kabupaten Brebes, Kepala DLH dan Pengelolaan Sampah Kabupaten Brebes Drs Edy Kusmantoro MSi, Kepala SKPD dan elemen masyarakat, di halaman Islamic Center Brebes, Minggu (24/2/2019).

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr Ir Siti Nurbaya MSc mengingatkan, rangķaian kegiatan HPSN 2019 merupakan momentum baik dalam mengajak seluruh pihak mewujudkan kesamaan langkah dan kepedulian pengelolaan sampah.

"Pemerintah Indonesia bertekad untuk kita bersama dapat mengatasi masalah sampah di Indonesia," kata Nurbaya.

Sementara, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH dalam sambutannya menyampaikan, sebagai salah satu kabupaten di Jateng dengan jumlah penduduk dan wilayah terbesar, sampah menjadi catatan.

Disebutkan, total sampah Kabupaten Brebes per hari bila dihitung dari jumlah penduduk sekira 4.750 meter kubik per hari, dan 40 persen diantaranya adalah sampah plastik.

"Namun jumlah itu tentu dapat lebih besar bila dihitung dari aktivitas yang terjadi, mengingat Kabupaten Brebes merupakan daerah lintasan utama Pulau Jawa," pungkas Idza. (*)


Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com