Selamat Datang!

Di Kabupaten Brebes, Data Bumil Terdata Valid

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH saat menghadiri sosialisasi program kesehatan pada kader posyandu dan dukun bayi di Kecamatan jatibarang/foto: istimewa

BREBES- Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH mengaku bangga dengan kehebatan para kader posyandu dan dukun bayi, yang mampu menyajikan data ibu hamil (Bumil) yang valid. Tanpa peran mereka, pemerintah kesulitan mendapatkan data Bumil secara valid bahkan by name by adress. Tersedianya data yang valid, bisa mempermudah pengawasan dan pendampingan yang lebih maksimal mulai proses kehamilan hingga persalinan dan pasca persalinan. 

“Untuk mendapatkan data yang tepat dan akurat, Pemerintah Kabupaten Brebes sengaja melibatkan kader Posyandu dan Dukun Bayi yang tersebar di 297 desa dan kelurahan se Kabupaten Brebes,” tutur Idza Priyanti saat sosialisasi program kesehatan pada kader posyandu dan dukun bayi se Kecamatan Jatibarang, di Hotel Anggraeni Jatibarang Brebes, Kamis (14/2).

Dengan pendampingan, kata Idza, selain mengetahui secara pasti keberadaan Bumil, juga penanganan Bumil sejak hamil tidak terlambat dan kedisiplinan ibu hamil dalam mengecek kesehatan diri dan janin yang ada dalam kandungan juga terjaga.

“Pendampingan Bumil, akan menekan jumlah kasus kematian ibu melahirkan dan anak baru lahir,” tandasnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dr Sri Gunadi Parwoko Mkes menjelaskan, banyak faktor yang mengakibatkan kematian Ibu melahirkan dan anak baru lahir. Diantaranya keterlambatan penanganan kegawatdaruratan dan ketidakdisiplinan Bumil dalam mengecek kondisi kesehatan dirinya dan janin yang sedang dikandung secara rutin.

“Faktor itulah yang sekarang sedang coba untuk di hindari dan dikurangi dengan melakukan pendataan semua ibu Hamil melalui program Brebes kawal wong meteng. Untuk mendapatkan data yang akurat salah satunya melibatkan Kader Posyandu dan dukun bayi,” tambah Gunadi.

Turut mendampingi sosialisasi kesehatan, Kepala Bagian Penanggulangan Kemiskinan Setda Brebes Ratnawati, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Brebes Ny Sri Legiastuti Narjo, Muspicam Jatibarang, Kepala Puskesmas se Kecamatan Jatibarang dan undangan lainnya. (ys, wsd).
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com