Selamat Datang!

Jaring Aspirasi dan Kebutuhan Masyarakat, Pemcam Petarukan Gelar Musrenbang

Camat Petarukan Drs Sukisman MA saat membuka musrenbang tingkat Kecamatan Petarukan di Pendopo setempat/foto: yusmiladi
Laporan: Yusmiladi

PEMALANG- Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan merupakan Forum musyawarah antar para pemangku kepentingan, untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa/Kelurahan, yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah Kabupaten di wilayah Kecamatan.

Seperti halnya Musrenbang Kecamatan 2019 di Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang yang dilaksanakan di Pendopo Kantor Kecamatan Petarukan. Kegiatan yang merupakan wadah, sekaligus proses perencanaan pembangunan untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi di masing-masing desa, dibuka oleh Camat Petarukan Drs Sukisman MA, Selasa (19/2/19).

Musrenbang dihadiri sekitar 114 orang yang terdiri dari unsur yang ada di tiap desa/foto: yusmiladi
Musrenbang kali ini dihadiri oleh sekitar 114 orang yang terdiri dari berbagai unsur yang ada di tiap-tiap desa. Musrenbang di buka langsung oleh Camat Petarukan. Musrenbang tahun 2019 ini direncanakan akan dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 19 sampai 20 Februari 2019.

Camat mengharapkan peran aktif dari peserta yang hadir dalam musrenbang kecamatan itu. Menurutnya, musrenbang jangan hanya dijadikan kegiatan ceremonial saja. Usulan program pembangunan agar bermanfaat untuk mengentaskan kemiskinan di desa-desa. Karenanya diminta tokoh-tokoh masyarakat, Perbekel, LPM, BPD bisa memformatkan Anggaran Pendapat Belanja Desa dengan baik, yang disingkronisasikan dengan program Pemerintah Daerah.

“Semua dana diusulkan programnya untuk mengentaskan kemiskinan dan mensejahterakan masyarakat," tegasnya.

Dicontohkan, program pembangunan yang diusulkan menyangkut perbaikan jalan desa, air, RTLH dan bantuan-bantuan pertanian. Tema musrenbang kali ini "Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat dan Budaya Asli Berdasarkan Potensi Unggulan daerah menuju Pemalang yang Berjati diri".

Sebelumnya, Camat Petarukan melaporkan Musrenbang Kecamatan Petarukan diikuti oleh para delegasi dari 19 desa dan  1 kelurahan. Mereka merupakan para perbekel, BPD, LPM dan delegasi yang ditunjuk saat Musrenbang Desa. Usulan-usulan dari masing-masing desa tersebut nantinya akan di musyawarahkan di musrenbang.

Usulan-usulan dari masing-masing desa terdiri dari usulan pembangunan fisik dan non fisik . Diantara usulan itu, ada beberapa desa yang mengangkat usulan permasalahan banjir (normalisasi sungai), pembangunan Talud , Pengaspalan Jalan serta kebutuhan pembangunan yang dipandang sangat perlu di Desa.

Camat juga menegaskan, bahwa tidak semua usulan tersebut dapat tercover semua, nantinya usulan-usulan tersebut akan digodog lagi di tingkat kabupaten.

Musrenbang juga dihadiri oleh beberapa anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pemalang.
Turut hadir dalam pembukaan Musrenbang Kecamatan ini, Muspika Kecamatan Taman , sejumlah anggota DPRD, SKPD, LPMD serta unsur-unsur yang lain (*)
Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com