Selamat Datang!

PTSL 2019 Bebas Pungli

Kegiatan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Percepatan Pelaksanaan PTSL digelar di Pendopo Amangkurat Pemkab Tegal/foto: istimewa

SLAWI – Bupati Tegal, Umi Azizah berharap program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang sudah banyak dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Tegal dan akan berlanjut di tahun 2019 ini, bisa berjalan dengan lancar. Untuk itu, perlu adanya pengawasan dari aparat penegak hukum guna mengamankan program ini dari pungli.

Umi Azizah dalam acara Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Percepatan Pelaksanaan PTSL, di Pendopo Amangkurat, Selasa (29/1) menegaskan, bahwa dirinya tidak ingin ada aparatur sipil negara maupun perangkat desa yang berurusan dengan aparat penegak hukum.

“Untuk seluruh desa yang akan melaksanakan program PTSL ini tidak korupsi dan pungli. Jika menemukan salah satu oknum yang menyeleweng, segera laporkan. Ingat, kita sudah di era transparansi, era keterbukaan, semuanya harus jelas dan clear di awal agar tidak timbul pertanyaan di masyarakat,” tegasnya.

Peran kepala desa maupun perangkat desa sangat penting, untuk memberikan informasi secara jelas dan transparan kepada masyarakat desanya. “Kita bersama-sama mengawasi. Silahkan laporkan pengaduan panjenengan, jika mengetahui ada oknum yang melakukan pungli. Bisa lapor melalui Aplikasi Andorid Lapor Bupati maupun SMS Lapor Bupati dinomor 085600080709,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Supa’at menegaskan bahwa program PTSL ditanggung oleh negara. Kecuali, biaya materai, biaya patok, fotocopy berkas administrasi maupun biaya operasional.Untuk biaya tersebut tidak ada ditanggung negara, harus ditanggung oleh pemilik tanah atau pemohon yang dibayarkan kepada panitia PTSL desa.

“BPN menargetkan ditahun 2019 ini 60.000 bidang untuk Peta Bidang Tanah (PBT) dan 45.000 bidang untuk Sertipikat Hak Atas Tanah (SHAT), dimana lokasinya tersebar di 12 kecamatan dan 49 desa,” terang Supa’at. (*)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com