Selamat Datang!

Diskominfo sebagai Wali Data bagi Provinsi Jateng

Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Tengah Riena Retnaningrum saat memimpin Rakor Data Statistik Sektoral dan Simpul Jaringan, Jumat (8/3/2019)/foto: istimewa 
SEMARANG- Diskominfo adalah wali data bagi Provinsi Jawa Tengah. Adanya Big Data sangat berfungsi untuk memenuhi kebutuhan proses pembangunan yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kominfo Jateng, Riena Retnaningrum saat memimpin Rapat Koordinasi Data Statistik Sektoral dan Simpul Jaringan, di Lt 4 Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah, Jumat (8/3/2019).

Riena mengemukakan, Pemprov Jateng sudah merintis SDS Single Data System. Yaitu sebagai data pendukung perencanaan pembangunan yang di publish maupun yang dikecualikan.

"Ada pula Open Data untuk konsumsi masyarakat, yang isinya hal-hal yang sudah dikerjakan pemerintah untuk membantu kesejahteraan masyarakat," ungkap Riena.

Terkait Open Data, Ketua Tim GRMS, Habibi Kurniawan menjelaskan, bahwa lawan saat ini adalah berita hoaks, dan Open Data adalah salah satu cara untuk memerangi hoaks. Selain mengumpulkan data, perlu juga klarifikasi berita kepada masyarakat.

"Mari bekerja secara sengkuyung untuk meramu data dari berbagai dinas, agar dapat disampaikan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat dan sebagai penentu pengambilan keputusan," ujarnya (*)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com