Selamat Datang!

EBS Indonesia Tingkat Eks Kawedanan Pemalang Dilaksanakan di Desa Klareyan

Kepala Puskesmas Klareyan dr Wendy Nuryanti berikan sambutan dalam kegiatan Evaluasi Balita Sehat (EBS), Senin (1/4/2019)/foto: yusmiladi

PEMALANG- Lomba Evaluasi Balita Sehat (EBS) Indonesia tingkat eks Kawedanan Pemalang, di laksanakan di Pendopo Balaidesa Klareyan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang, Senin (1/4/2019).

EBS ini terselenggara berkat kerja sama antara Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang dengan jajaran Puskesmas, Tim Penggerak PKK  dan kader Posyandu se eks Kawedanan Pemalang. Kegiatn ini di ikuti beberapa desa di wilayah Kecamatan Pemalang, Kecamatan Taman dan Petarukan.

Penilaian balita dalam EBS ini meliputi Status Gizi, Status Anak, Status Imunisasi, Status Ibu, Status Ayah, Status/ Pemeriksaan Kesehatan, Status Pemeriksaan Gigi dan Mulut dan Skala Perkembangan Balita serta psikologi anak.

Dewan juri melakukan penilaian kepada para peserta EBS/foto: yusmiladi
Masyarakat nampak antusias berbondong bondong mengikuti acara yang dimulai pukul 09.00 WIB. Mereka terdiri dari balita, ibu balita serta kader posyandu. Berkat komitmen bersama panitia EBS, pemenang EBS ini langsung dapat diumumkan pada hari itu juga.

Pengumuman EBS ini dibuka oleh Kepala Puskesmas dr Wendi Nuryanti yang memberikan sambutan berisi apresiasi yang sebesar-besarnya untuk jajaran Puskesmas di tiga Kecamatan yang ada di eks Kawedanan Pemalang dan kader posyandu desa yang telah melaksanakan EBS Tahun 2019.

"EBS ini dilaksanakan berdasarkan survey kebutuhan masyarakat tentang program-program puskesmas melalui forum pembinaan kader tingkat desa," ungkapnya.

Dikemukakan dia, peserta yang mengikuti kegiatan adalah balita perwakilan masing-masing Puskesmas se eks Kawedanan Pemalang. Perlu diketahui bahwa peserta EBS ini terdiri dari 9 Puskesmas, dimana masing-masing puskesmas mengirimkan 2 peserta balita sehat.

"Satu persatu balita didampingi orang tua nya kemudian menuju dewan juri yang masing-masing dewan juri memberikan pertanyaan dan penilaian dari aspek-aspek yang berbeda. Terlihat para balita begitu ceria selama mengikuti penilaian EBS ini," lanjutnya.

Untuk pengumuman pemenangnya sendiri, masih kata dia, nantinya akan diumumkan bersamaan setelah masing-masing kawedanan melaksanakan kegiatan EBS ini.

"Lomba ini adalah tahap awal untuk mencari Balita sehat yang nantinya akan dilombakan kembali ke tingkat yang lebih tinggi," imbuhnya.

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan kemandirian orang tua dan masyarakat dalam membina tumbuh kembang Balita dari segi fisik, mental dan sosial secara optimal, serta meningkatkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif stakholder dan masyarakat dalam pembinaan dan pengembangan kesehatan dan kesejahteraan Balita di  eks Kawedanan Pemalang.

"Hal itu agar anak usia dini tumbuh dan berkembang secara optimal, maka pemenuhan gizi, perawatan dan pelayanan kesehatan, kasih sayang, perlindungan, stimulasi, penghargaan, dan penegakan norma-norma sosial dan agama (Asah, Asih, Asuh) harus diselenggarakan sedini mungkin," pungkasnya. (yusmiladi)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com