Selamat Datang!

Menuju Tegal Smart City, PESATA dan SIPENJALU Disosialisasikan

Kepala Dinas PUPR Kota Tegal Sugiyanto ST MT didampingi Kabid PJU Sudjatmiko ST hadir langsung dalam paparan dan sosialisasi Program Membangun Sinergitas Forum PESATA dan SIPENJALU di ruang lantai 3 kantor setempat, Jumat (26/4/2019)/foto: didik
TEGAL- Program Membangun Sinergitas Forum Peduli Sarana Kota (PESATA) dan Sistem Informasi Penerangan Jalan Umum (SIPENJALU) Menuju Tegal Smart City disosialisasikan, di ruang lantai 3 Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Kota Tegal, Jumat (26/4/2019).

Adalah, Bidang Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas PUPR yang saat ini terus berbenah meningkatkan pelayanan bagi masyarakat, khususnya pengguna jalan utama dan menuju permukiman.

Kabid PJU Dinas PUPR Kota Tegal, Sudjatmiko ST dalam paparannya mengatakan, sosialisasi ini sesuai dengan judul Forum PESATA dan SIPENJALU. Yakni, sistem informasi berupa Portal Media internet, Media Pelaporan gangguan sarana prasarana kota dan LPJU.

Selain itu, ajang diskusi bagi stakeholder (praktisi, masyarakat dan OPD terkait permasalahan infrastruktur dan sarana prasarana perkotaan. Sosialisasi program Pemkot Tegal serta kegiatan DPUPR dan Bidang PJU.

"Perkembangan teknologi tidak bisa kita elakkan, maka kami mencoba dengan membuat salah satunya dengan Forum PESATA dalam bentuk Portal Media Internet," terang Jatmiko.

Sedangkan SIPENJALU merupakan sistem teknologi informasi yang dapat mendeteksi kondisi Lampu PJU. Menampilkan data PJU melalui layar internet atau smartphone, serta sarana monitoring PJU yang dapat diakses setiap saat.

Disisi lain, Jatmiko memohon peran serta masyarakat untuk melaporkan bila ada PJU yang rusak atau mengalami masalah. Pihaknya juga mengapresiasi laporan-laporan dari masyarakat yang selama ini banyak disampaikan, baik melalui SMS, WA maupun no telp yang ada.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kota Tegal, Sugiyanto ST MT terkait paparan serta sosialisasi PESATA dan SIPENJALU menyampaikan apresiasinya.

Dikemukakan Sugiyanto, Program Membangun Sinergitas Forum PESATA dan SIPENJALU merupakan rencana proper atau perubahan guna lebih meningkatkan pelayanan PJU Kota Tegal yang masih menggunakan sistem manual. Namun kedepan program ini akan menggunakan sistem informasi menggunakan Portal Media Internet yang bisa diakses melalui Hp Android/Smartphone.

"Mana yang PJU-nya mati, dan mana yang hidup semuanya bisa kita pantau. Setidaknya kita sudah memulai pada jalan utama yang menggunakan LED yang bisa dipantau dari kantor atau Hp," jelas Sugiyanto.

Ditambahkan, bahwa program ini memudahkan pola dan sistem kerja. Karena nantinya akan di integrasikan dengan website yang sudah ada. Setelah di launching dan bisa di akses, masyarakat tidak perlu datang ke kantor Dinas PUPR. (dik)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com