Selamat Datang!

PPK Petarukan Gelar Bimtek untuk KPPS

                 
Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) Kecamatan Petarukan gelar bimbingan teknis kepada KPPS secara marathon bagi 19 desa dan 1 kelurahan sejak tanggal 2-12 April 2019 di Aula kecamatan setempat/foto: yusmiladi
Laporan: Yusmiladi


PEMALANG- Menjelang Pemilu Pileg dan Pilpres 2019, kesibukan para penyelenggara pemilu semakin padat. Seperti halnya penyelenggara pemilu yang lain, Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang melakukan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada para KPPS, yang dilaksanakan secara marathon sejak tanggal 2-12 April, di Aula Kecamatan Petarukan.

Sedikitnya ada 506 TPS di wilayah kecamatan Petarukan mendapatkan bimtek dari PPK secara bergiliran dari 19 desa dan 1 kelurahan. Bimtek ini bertujuan memberikan pemahaman kepada para anggota KPPS, sehingga nantinya pada saat hari pemungutan suara dapat berjalan lancar.

H Tarsahit, Ketua PPK Kecamatan Petarukan yang sekaligus memberikan materi bimtek mengatakan, dengan bimtek ini diharapkan nantinya para anggota KPPS lebih dapat menguasai regulasi tentang tata cara pemungutan suara, dan dapat mengatasi segala permasalahan yang mungkin muncul pada saat pelaksanaan pemungutan suara.

Ketua PPK Kecamatan Petarukan H Tarsahit berikan materi kepada KPPS/foto: yusmiladi
"Kami sangat berharap para anggota KPPS yang mengikuti bimtek ini agar benar-benar dapat memahami segala materi yang kami berikan, disamping itu KPPS juga dapat mempelajari dari buku panduan yang telah kami berikan," terangnya.

Dari 506 TPS yang ada, tiap-tiap TPS mengirimkan 4 anggota KPPS nya. Mereka yang di bimtek adalah KPPS 1, KPPS 2, KPPS 4, KPPS 5. Total anggota yang mengikuti bimtek ini sejumlah 2024 anggota KPPS. Sedangkan kegiatan bimtek dilaksanakan 2 sesi dalam sehari yaitu pukul 13.00 WIB - 17.00 WIB dan malam hari dari pukul 19.30 WIB - 23.00 WIB.

Para peserta mengikuti bimtek dengan serius dan terlihat banyak pertanyaan yang diajukan seputar pemungutan suara, bahkan terkadang walaupun hujan deras tak menyurutkan para peserta untuk datang mengikuti bimtek ini.

Para peserta bimtek ini berasal dari 506 TPS yang tersebar di wilayah Kecamatan Petarukan/foto: yusmiladi
Tarmuji, salah seorang anggota KPPS dari Desa Nyamplungsari mengemukakan, bimtek ini sangat membantu sekali demi lancarnya proses pemungutan suara pemilu nanti.

"Banyak hal yang kami dapatkan setelah mengikuti bimtek ini, Insya Allah kami semakin siap untuk mensukseskan Pilpres dan Pileg 2019," pungkasnya. (*)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com