Selamat Datang!

Puluhan Ribu Bibit Mangrove dan Cemara Laut Ditanam di Pantai Kartika Jaya

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menjelaskan, penanaman bibit pohon mangrove dan cemara laut sebagai upaya reboisasi sabuk pantai kawasan pesisir pantura Jawa/foto: istimewa
KENDAL - Masyarakat Patebon Kabupaten Kendal bersama Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama), anggota TNI Polri, Pramuka serta sejumlah relawan menanam bibit mangrove dan cemara laut, di kawasan hutan mangrove di Pantai Kartika Jaya, Kamis (11/4/2019).

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang juga Ketua Umum PP Kagama menjelaskan, penanaman tersebut sebagai salah satu upaya reboisasi sabuk hijau di kawasan pesisir Pantai Utara (Pantura) Jawa yang diinisiasi oleh Kagama Jateng.

"Selain memperbaiki habitat di pantai, mangrove ini kan punya manfaat yang banyak. Makanya penanaman ini dilakukan masyarakat setempat, Kagama dan para relawan," ujarnya.

Tidak tanggung-tanggung, reboisasi itu dilakukan dengan menanam 25 ribu bibit mangrove dan seribu bibit cemara laut di sepanjang kawasan Pantai Kartika Jaya, Patebon Kendal.

Selain Ganjar, hadir juga Ketua Kagama Jateng Suryo Banendro, Bupati Kendal Mirna Annisa, anggota TNI-Polri, Pramuka serta relawan dari sejumlah organisasi kemasyarakatan.

"Ini nanti akan jadi sumber pakan yang banyak bagi ikan dan berkembang biak. Untuk mangrove ini juga punya manfaat lain yang banyak banget," katanya.

Manfaat lain selain untuk habitat ikan, kata Ganjar, mangrove juga digunakan sebagai bahan pewarna alami oleh industri batik di sejumlah tempat di Jateng.

"Hampir semua pewarna batik alami itu pakai mangrove. Selain ramah lingkungan harganya juga sangat mahal. Juga bisa untuk sirup, kerupuk mangrove," bebernya.

Sementara itu, Bupati Kendal Mirna Annisa berharap, dengan reboisasi hutan mangrove di kawasan tersebut, selain menjadi gerakan cinta lingkungan juga akan menjadi daya tarik wisata.

"Mungkin nanti bisa ada wisata track mangrove yang jadi daya pikat selain Pantai Kartika Jaya. Dengan begitu, akan menaikkan tingkat perekonomian masyarakat sekitar sini," ungkapnya.
(*)








Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com