Selamat Datang!

Sambil Motoran, Gubernur Jateng Copoti APK

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sambil motoran ikut turunkan APK/foto: istimewa
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan menggunakan sepeda motor berkeliling melintasi sejumlah ruas jalanan Kota Semarang untuk mencopot Alat Peraga Kampanyr (APK), Minggu (14/4/2019).

Didampingi Satpol PP Jateng dan sejumlah kolega, Ganjar memulai kegiatan mencopoti APK dari sekitar rumah dinasnya, Puri Gedeh Kota Semarang yang masih ditemukan APK. Baik dalam bentuk baliho, poster, maupun spanduk. Menggunakan tang dan linggis kecil, Ganjar mencopoti sendiri APK yang rata-rata terbuat dari bahan MMT berbingkai bambu itu.

Dari Puri Gedeh, pencopotan APK kemudian dilanjutkan ke sejumlah tempat, seperti Jalan Simongan Raya, Jalan Karangayu, Banjir Kanal Barat, Jalan Kokrosono, Jalan Soegijapranata dan Kawasan Tugu Muda. Sepanjang jalan, ketika melihat ada APK yang masih terpasang, Ganjar menghentikan motornya lalu mencopot APK tersebut. Bahkan, satu baliho berukuran 2x3 meter bergambar Jokowi-Ma'ruf di Jalan Kokrosono juga tak luput diturunkan oleh Ganjar.

Sebelum mencopot APK yang masih terpasang, Ganjar kerap bercanda sambil mengajak ngobrol foto calon yang terpampang di baliho. "Sorry ya mbak, gambarmu tak copot (Maaf ya mbak, gambarnya saya lepas). Padahal ayu lho fotone (Padahal ayu lho fotonya)," canda Ganjar saat melepas salah satu APK bergambar calon legislatif.

Aksi Ganjar mencopot APK tersebut mendapat perhatian warga, khususnya para pengguna jalan. Tak jarang, mereka yang sedang berada di sekitar APK berduyun-duyun untuk berfoto bersama orang nomor satu di Jateng itu.

"Hari ini saya ingin mengajak masyarakat, Satpol PP, Panwas semuanya bergerak untuk mencopoti APK. Saya berharap Timses dan Partai Politik ikut mencopot juga agar segera rapi, sehingga saat pencoblosan nanti kotanya jadi bersih," kata Ganjar.

Ganjar juga meminta agar APK yang dicopot itu tidak dibuang sembarangan. Pasalnya, banyak APK calon yang terbuat dari plastik dan bahan yang sulit terurai.

"Jangan dibuang sembarangan ya, karena banyak material dari plastik, itu akan menjadi sampah yang mencemari. Maka saya pengen sampah APK ini didaur ulang menjadi banyak produk lainnya yang memiliki nilai ekonomi tinggi," tegasnya.

Ganjar juga menggelar lomba daur ulang sampah bekas APK untuk masyarakat. Dalam kesempatan itu, dia mengajak masyarakat kreatif memanfaatkan sampah APK menjadi berbagai produk kerajinan.

"Bisa jadi payung, tas, jas hujan atau apapun itu. Saya akan gelar lomba daur ulang APK ini, saya siapkan total hadiah Rp20 juta. Silakan kirim hasil kreatifnya ke medsos saya, nanti akan dipilih pemenangnya," ucapnya.

Tak lupa, Ganjar berpesan kepada seluruh masyarakat untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 17 april besok. "Saya harapkan pencoblosan 17 April besok semuanya datang ke TPS pagi-pagi. Jangan piknik dulu, nyoblos dulu baru piknik. Gunakan hak pilih anda untuk bisa berkontribusi bagi bangsa dan negara," tutupnya.
(*)
Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com