Selamat Datang!

Bupati Brebes Serahkan Bansos dan Launching LAMPAH

Bupati Brebes Idza Priyanti serahkan bantuan sosial penanggulangan kemiskinan/foto: istimewa
BREBES- Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH menyerahkan bantuan sosial (Bansos) penganggulangan kemiskinan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, dan me-launching LAMPAH (Lapak Mandiri Produk Asal Hewan) dalam rangka mendukung Program Kelompok Santri Tani Milenial (KSTM) penanggulangan kemiskinan tahun 2019, Kamis (23/5/2019).

Kegiatan dihadiri Staf Ahli Bupati Bidang Ekbang, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Kasi Produksi Dwi Sutji Puspaningtyas Spt, Kepala BPTP Jateng yang diwakili Dr Heru Praptana, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes, Kepala Baperlitbangda Kabupaten Brebes, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Brebes, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Brebes, Kabag Perekonomian Setda Brebes, Kabag Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Brebes, dan penerima bantuan.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk penanggulangan kemiskinan, dan harus bertumpu pada peran serta aktif serta produktifitas rakyat yang diupayakan untuk menumbuhkan kemandirian penduduk miskin.

Saat ini, Kementerian Pertanian memfokuskan penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat miskin guna meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan melalui kegiatan pertanian yang terintergrasi.

Program ini diharapakan akan mampu menekan angka kemiskinan pedesaan hingga dibawah 10%. Pada program ini melalui Badan Litbang Pertanian, Pemerintah memberikan bantuan bibit ternak unggul.

Salah satu ternak unggul, yaitu ayam kampung unggul Balitbangtan (ayam KUB). Ayam ini merupakan hasil penelitian Balai Penelitian Ternak, yakni ayam kampung hasil seleksi genetik yang memiliki keunggulan antara lain mampu bertelur hingga mencapai 160-180 butir/ekor/tahun.

Pengembangan bibit ternak unggul diharapkan dapat lebih meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan rumah tangga miskin penerima bantuan, sehingga pengentasan kemiskinan dapat lebih cepat tercapai.

Bupati Brebes dalam sambutannya mendorong peran kaum milenial dalam pembangunan pertanian Indonesia. Salah satu strategi yang ditempuh adalah program "Kelompok Santri Tani Milenial (KSTN )"

Program ini dimaksudkan untuk mendorong kaum santri dan generasi milenial di pondok-pondok pesantren untuk aktif dan berkontribusi di bidang pertanian.

Melalui Balai Pembibitan Tanaman Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU HPT ) Sembawa, diberikan bantuan untuk 9 pondok pesantren, yaitu 1 ponpes di Kecamatan Banjarharjo, 4 ponpes di Kecamatan Bumiayu, dan 4 Ponpes di Kecamatan Bantarkawung.

Bantuan ternak berupa bibit ayam lokal total 4500 ekor ayam masing masing ponpes mendapat 500 ekor ayam, serta paket bantuan kandang, pakan dan obat2an.(*)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com