Selamat Datang!

JIC Sediakan Buka Puasa Gratis


Untuk memuliakan Ramadhan  1440 H, Jakarta Islamic Centre (JIC) menyediakan buka puasa gratis/foto: istimewa
JAKARTA- Untuk memuliakan dan menyambut Ramadhan 1440 H, Jakarta Islamic Centre (JIC) menyediakan buka puasa bagi para jamaah.

Demikian disampaikan Ahmad Juhandi, Kepala Sekretariat Jakarta Islamic Centre ketika dihubungi di kantorny, Senin (6/5/2019).

Menurutnya, Jakarta sebagai kota metropolitan dengan berbagai macam pusat bisnis, keuangan, pemerintahan, dan berbagai macam usaha serta dengan kompleksitas keriuhannya mengalani banyak kendala, sehingga banyak ummat Islam berbuka di luar rumah.

"Tapi ada juga memang sengaja ingin konsentrasi beribadah di Masjid Raya Jakarta Islamic Centre. Mereka berbuka puasa di sini. Maka kami setiap bulan Ramadhan memfasilitasi buka bersama di Masjid JIC. Biasanya sekitar 500 jamaah setiap maghrib hadir untuk memgikuti kegiatan ini," jelas Ahmad.

Untuk pembiayaan buka bersama di Masjid JIC, Ahmad menyebutkan, ada anggaran dari APBD dan dari Badan Managemen. Selain itu banyak juga dari pengusaha dan masyarakat yang secara sukarela mengantarkan langsung makanannya ke Masjid JIC.

KH Aep Saifullah selaku Kepala Sub Divisi keagamaan Managemen Jakarta Islamic Centre menjelaskan, selama Ramadhan kegiatan di Masjid Raya JIC sangat banyak dan beragam. Karena memang bulan Ramadhan harus diisi dengan hal-hal yang positif yang bernilai ibadah.

"Jadwal kegiatan Ramadhan 1440 H sudah kami susun disesuaikan dengan kelompok sasarannya. Ada kelompok sasarannya remaja dan anak, orang tua, pelajar dan mahasiswa, ibu-ibu, dan kelompok sasaran lainnya," terang Aep.

Dikemukakan Aep, bahwa kajian keilmuan setiap habis sholat Zhuhur, menjelang buka puasa, setelah terawih, dan setelah sholat subuh menampilkan ustaz dan kyai yang kompeten dibidangnya.

Selain jadwal pengajian juga ada Tadarus Al Quran setelah Ashar, Remaja Mengaji, Pesantren Ramadhan, The Power of Dream, diskusi keagamaan setelah jumatan, Simaan Al Quran, I'tikaf 10 hari akhir Ramadhan, Nuzulul Quran, Santri Asmaul Husna. Pada akhir Ramadhan akan diadakan gema takbir dan sholat Idul Fitri.

"Selain itu juga diadakan lomba-lomba seperti lomba Hafiz on Radio, Festival Film Pendek Religi, lomba azan, lomba hafiz. Pendaftaran lomba-lomba tersebut sudah buka mulai sekarang," kata Aep, menambahkan.

Jakarta Islamic Centre selama Ramadhan 1440 H juga mengadakan bazar Ramadhan, sembako murah, mengadakan seminar ekonomi syariah, pesantren kilat robotik dan android, dan Gemakusi atau gerakan lima bungkus nasi.

"Saya berharap semua kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Untuk itu saya menghimbau kepada ummat Islam untuk berperan aktif dan membantu kegiatan tersebut. Minimal hadir di salah satu kegiatan demi menyemarakkan Ramadhan yang penuh berkah ini," tutup Aep. (*)
Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com