Selamat Datang!

PWI Harus Berada di Garda Terdepan Pelaksanaan KEJ

PWI menggelar acara Orientasi Jurnalistik dan Konferensi Kerja bertempat di OR Sekda Kabupaten Brebes, Kamis (9/5/2019)/foto: istimewa
BREBES- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menggelar acara Orientasi Jurnalistik dan Konferensi Kerja, bertempat di OR Sekda Kabupaten Brebes, Kamis (9/5/2019).

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud Ns, Perwakilan Ketua dan Sekretaris PWI eks Karisedenan Pekalongan, Kepala Kantor Dinkominfotik Kabupaten Brebes Johari SH.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH diwakili Asisten I Sekda Brebes, H Atoilah SE MSi memberikan sambutan sekaligus membuka acara.

Dikemukakan Athoillah, seperti diketahui bersama bahwa pers memegang peranan penting sebagai media penyebaran informasi dan komunikasi yang seimbang di masyarakat, serta memiliki kebebasan dan tanggung jawab dalam menjalankan fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, kontrol dan perekat sosial.

"Karenanya, saya selalu berpesan agar para jurnalis tetap menjaga netralitas, kemandirian dan profesionalitasnya dalam menyuguhkan berita bagi masyarakat," katanya.

Bupati berharap rekan-rekan pers dapat menyuguhkan pemberitaan yang akurat dan aktual. Dengan kebebasan ini pers dapat menjalankan fungsi dan tugas secara maksimal terutama sebagai kontrol pemerintah dan kontrol sosial.

"Namun disisi lain, kebebasan ini juga harus menjadi kebebasan yang bertanggung jawab yang berjalan dalam koridor kode etik jurnalistik," harapnya.

Jadikanlah kode etik jurnalistik tersebut sebagai mata batin yang akan memandu etika moral wartawan dalam menjalankan tugas dan kewajiban, dengan harapan dapat memunculkan sosok wartawan sekaligus produk jurnalistik yang berkualitas.

PWI sebagai salah satu organisasi profesi wartawan yang telah memperoleh akreditasi lembaga berwenang maupun pengakuan publik, sebagai stakeholder media, harus berada di garda terdepan dalam pelaksanaan kode etik jurnalistik. (*)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com