Selamat Datang!

Rest Area KM 360B Gondang-Batang Siap Sambut Pemudik

Sekda Provinsi Jateng Sri Puryono melakukan pantauan kesiapan tol untuk menyambut pemudik/foto: istimewa

BATANG - Beberapa hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono melakukan pantauan kesiapan tol untuk menyambut pemudik. Pantauan diawali dari Gerbang Tol Kalikangkung.

Kepada Sri Puryono, Direktur Teknik PT Jasa Marga Tol Semarang-Batang Abdul Rokhim menjelaskan, pihaknya menyiapkan 23 gerbang tol yang dapat dilalui pemudik menuju Kota Semarang dan enam gerbang tol yang dapat dilalui pemudik menuju DKI Jakarta.

"Puncak arus mudik diprediksi tanggal 31 Mei 2019, sedangkan puncak arus balik diprediksi H+2 Lebaran. Pada puncak arus mudik, diprediksi volume kendaraan yang melewati gerbang kami sebanyak 57 ribu. Kalau puncak arus balik diprediksi volume kendaraan yang melintas sebanyak 47 ribu," terang Abdul Rokhim saat mendampingi pantauan.

Abdul Rokhim menambahkan, pihaknya juga menyediakan pembayaran tarif tol secara tunai apabila saldo e-toll pemudik ternyata tidak mencukupi.

"Di sini masih menerima cash. Teman-teman operator sudah menyiapkan uang kembalian jika saldo e-toll tidak cukup," lanjutnya.

Menanggapi penjelasan Abdul Rokhim, Sri Puryono meminta sosialisasi tarif tol digencarkan agar pemudik dapat memastikan saldo e-toll mereka benar-benar cukup hingga tiba di tujuan.

"Saya minta sosialisasi tarif tol mulai dari hulunya, dari Jakarta berarti Cikarang-Cikampek sudah harus disosialisasi. Karena kalau sudah pakai e-toll artinya lebih cepat (transaksi pembayaran tarif tol). Tapi kalau saldo e-toll memang tidak cukup, di sini difasilitasi pembayaran cash," ujarnya.

Usai meninjau Gerbang Tol Kalikangkung, Sekda Jateng Sri Puryono mengunjungi Rest Area KM 360B Gondang, Batang. Saat ini rest area tipe A tersebut memasuki tahap penyelesaian (finishing), seperti pembangunan mushola yang hampir rampung dan perbaikan area hijau.

Mantan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jateng itu berharap, tahap penyelesaian rest area dapat selesai sepuluh hari menjelang Lebaran.

"Rest area di Kabupaten Batang ini masih dalam tahap penyelesaian. Penataannya bagus, bangunannya simpel, tapi cukup luas. Fasilitas difabel juga disediakan seperti toilet. Ada Pertamina, mushola, UMKM juga disediakan seperti tahu Sumedang dan Soto Lamongan. Saya rasa untuk lebaran nanti siap," ujarnya.(*)



Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com