Selamat Datang!

Tingkatkan Investasi di KIK, Wagub Jateng Dorong Akselerasi Pelabuhan Kendal

Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen saat menerima audensi Direktur PT KIK, Purbandi/foto: istimewa
SEMARANG - Pemerintah pusat menilai, pertumbuhan investasi di PT Kawasan Industri Kendal (KIK) relatif cepat di antara 17 kawasan industri prioritas lainnya. Pasalnya, hingga kini sudah ada 51 investor yang bergabung dengan kawasan industri tersebut.

Meski demikian, Direktur PT KIK Purbadi berpendapat, pertumbuhan investasi di kawasan industri yang dikembangkan oleh dua developer besar di Asia Tenggara, yaitu Sembcorp Development Ltd dan PT Jababeka Tbk, itu harus terus dipacu untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi di daerah.

Dalam RPJMN itu ada 17 kawasan industri prioritas nasional, yang termasuk cepat itu Kendal (KIK). Namun, untuk perkembangan akselerasi pembangunan daerah termasuk lambat kalau dibanding saat kami membangun pada saat awal di Cikarang.

"Perkembangannya, dengan 51 investor itu baru sekitar 60 hektare dan industri yang masuk baru dari Indonesia serta belum sepenuhnya berorientasi ekspor," terangnya saat beraudiensi dengan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin) di ruang kerja Wagub, Jumat (10/5/2019).

Purbadi menjelaskan, salah satu faktor penentu percepatan investasi di PT KIK adalah kehadiran Pelabuhan Internasional Kendal.

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) membentuk perusahaan patungan bersama operator pelabuhan asal Singapura, PSA International dan perusahaan konstruksi asal Cina, China Communication Construction Engineering (CCCE) untuk membangun dan mengoperasikan Pelabuhan Internasional Kendal.

Nota kolaborasi ketiganya sudah diteken pada Juni (6/6/2018) lalu di Jakarta.

"Beberapa investor sudah menanyakan juga. Langkah pertama perlu lampu hijau dari Kementerian Perhubungan untuk mengembangkan Pelabuhan Kendal sebagai pelabuhan kargo," lanjutnya.

Purbadi menambahkan, banyak investor yang juga mengharapkan insentif pajak berupa pembebasan pajak dalam periode tertentu (tax holiday) dan pengurangan pajak penghasilan (tax allowance) dari pemerintah.

"Kemudian pada tahun kemarin diangkat oleh PM Singapura dan Bapak Jokowi bahwa KIK diusulkan memiliki tax holiday dan tax allowance atau memperoleh fasilitas KEK. Harapannya, dengan insentif itu akan segera banyak yang masuk untuk mempercepat pertumbuhan," tambahnya.

Menanggapi paparan Purbadi, Wakil Gub Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin) menilai, pembangunan dan operasional Pelabuhan Internasional Kendal memang perlu diakselerasi untuk mendukung pertumbuhan investasi di PT KIK.

"Kalau portnya dipercepat, dia produksinya semakin meningkat. Kita harus menyiapkan itu," jelasnya.

Senada dengan Gus Yasin, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Peni Rahayu menjelaskan, Pemprov Jateng akan membantu berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk pengembangan Pelabuhan Kendal.

"Secara perencanaan dan tata ruang, kita sebenarnya sudah mendukung untuk pelabuhan. Kami bantu koordinasikan lagi dengan kementerian untuk melakukan percepatan pelabuhan ini," ujarnya. (*)



Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com