Selamat Datang!

Ganjar Sebut Mudik Lebaran Tahun ini Terbaik Sepanjang Sejarah

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo/foto: istimewa

SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut arus mudik dan balik Lebaran tahun ini sebagai yang terbaik sepanjang sejarah di Jateng.

Menurunnya angka kecelakaan, kemacetan dan kejadian-kejadian lain yang biasa terjadi pada musim mudik dan balik tahun sebelumnya menjadi alasan Ganjar mengatakan hal itu.

"Tentu hal ini tidak terlepas dari dukungan infrastruktur jalan tol yang sudah nyambung dari Jakarta sampai Jawa Timur yang sangat membantu kelancaran arus mudik," kata Ganjar ditemui usai menggelar open house di kantornya, Senin (10/6/2019).

Bahkan, kata Ganjar, ada guyonan masyarakat di media sosial yang mengatakan pemerintah zalim karena mudik tahun ini tidak ada kemacetan parah. Padahal di tahun-tahun sebelumnya, kemacetan saat mudik Lebaran itu sudah menjadi tradisi.

"Tentu guyonan ini menjadi bukti, bahwa pengelolaan negara jauh lebih baik. Selain tidak terjadi tradisi kemacetan, harga-harga juga stabil," imbuhnya.

Menurutnya, selain dukungan infrastruktur, kesigapan tim juga sangat berperan besar dalam mendukung kelancaran arus mudik Lebaran tahun ini.

Dibantu oleh Kakorlantas, Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR dan semua instansi terkait, Ganjar mengatakan semua berjalan sesuai rencana dan tidak terjadi hal-hal yang berarti.

"Termasuk dukungan dari para pegawai Pemprov, Pemkab dan Pemkot di seluruh wilayah Jawa Tengah yang menyiapkan jalur-jalur alternatif. Plus tim pengendalian harga, sehingga semua berjalan baik. Kemacetan tidak terjadi parah, harga-harga juga stabil dan tidak ada lonjakan yang berarti," paparnya.

Diakuinya, pada arus balik Lebaran tahun ini, arus lalu lintas sedikit tersendat. Hal itu sebenarnya sudah diperhitungkan sejak awal karena arus balik terjadi secara serentak.

"Maka kemungkinan arah menuju Jakarta agak macet, namun saya pantau terus sampai dini hari tadi, memang terjadi ada atrean di beberapa titik sampai 3-4 kilometer. Tapi alhamdulillah kendaraan masih bisa berjalan pelan dan masih lancar. Secara keseluruhan berjalan lancar dan saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu kelancaran mudik tahun ini," tuturnya.

Untuk evaluasi, Ganjar mengatakan bahwa persoalan rest area di sejumlah jalur yang belum tuntas menjadi hal yang utama. Meski sudah ada rest area sementara dan dukungan rest area dari sejumlah kantor dan instansi, namun itu masih belum cukup.

Selain itu, di jalur selatan yang sebenarnya jalannya sudah bagus juga belum menjadi pilihan utama para pemudik. Memang, pada jalur tersebut belum dilengkapi dengan penerangan jalan, rest area, tempa kuliner serta toilet.

"Itu akan menjadi bahan evaluasi kami, insyaalah tahun ini persoalan-persoalan tersebut dapat diselesaikan, sehingga mudik tahun depan semoga lebih baik lagi. Kami akan siapkan panitia mudik lebaran tahun depan lebih awal, agar bisa bekerja optimal," tukasnya.

Arus mudik dan balik Lebaran di Jateng pada tahun ini memang lebih baik dibanding tahun lalu. Dari pantauan lapangan, kemacetan di jalanan Jateng relatif tidak separah pada Lebaran sebelumnya.

Hanya di beberapa titik seperti di pintu tol dan lokasi rawan macet, terjadi sedikit kepadatan arus kendaraan, namun masih dapat bergerak secara perlahan dan tidak separah tahun-tahun sebelumnya.

Di lain kesempatan, Kepala Bagian Operasi Korlantas Polri, Kombes Pol Benyamin mengatakan bahwa jumlah kecelakaan lalu lintas selama 12 hari menggelar Operasi Ketupat 2019 menurun sebanyak 65 persen dari tahun sebelumnya.

Hingga H+3 Lebaran 2019, terjadi 529 kecelakaan. Sementara pada periode yang sama 2018 lalu, terjadi 1.491 kecelakaan lalu lintas. Dari total 529 kecelakaan itu, sebanyak 132 orang meninggal dunia, 97 luka berat dan 1.638 orang mengalami luka ringan.

Penurunan angka kecelakaan itu tidak terlepas dari hasil upaya pemerintah dan seluruh pihak dalam menyiapkan infrastruktur dan sistem lalu lintas yang baik.
(*)


Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com