Selamat Datang!

Brebes Hasilkan Timbunan Sampah 1.083,78 Ton Tiap Hari

Pemkab Brebes melalui DLH dan Pengelolaan Sampah selenggarakan sarasehan bank sampah, Sabtu (20/7/2019)/foto: istimewa
BREBES- Kabupaten Brebes dengan jumlah penduduk 1.806.300 jiwa pada tahun 2018 menghasilkan timbunan sampah sebanyak 1.083,78 ton per hari atau 395.579,70 ton per tahun. Jumlah tersebut setara dengan 1.582.318,80 M, cukup untuk menutup lahan seluas 1.582.318,80 M dengan ketebalan 1 meter.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Brebes, Narjo saat membacakan sambutan Bupati Brebes pada kegiatan Sarasehan Bank Sampah Kabupaten Brebes dengan Tema "Biru Langitku Hijau Bumiku" di Hotel Anggreini Ketanggungan, Sabtu (20/7/2019).

Menurutnya, hal itu luar biasa dan merupakan tantangan yang tidak mudah untuk mengatasinya. Sehingga dalam upaya menggalang keterlibatan masyarakat pada kegiatan pengurangan sampah dari sember dan pengelolaan sampah dengan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) bank sampah memiliki peran strategis.

"Bank sampah dapat memainkan peran sebagai agen pengedukasi, serta mitra bagi pemerintah daerah dalam berbagai jenis kegiatan pengembangan pengelolaan sampah berbasis masyarakat," jelasnya.

Bupati berharap sarasehan tersebut dapat memberikan kontribusi pada pengembangan pengetahuan dan ketrampilan pengeloaan sampah, menambah erat relasi dan kondisi antar bank sampah dan pemerintah daerah, dan menjadi daya dorong terbentuknya bank sampah-bank sampah baru.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemkab Brebes melalui Dinas Lungkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah menghadirkan nara sumber Direktur Bank Sampah Dewi Sinta Kota Tegal, Rochimatin. Selain itu juga Direktur Bank Sampah Mawar Biru Kota Tegal, Nurlaelatul Aqifah dan Komunitas Runtah Tegal Laka Laka (Rutela). (*)


Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com