Selamat Datang!

Festival Kuliner Betawi 2019, Kembangkan Potensi Kuliner Oblok Bebek

Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Utara akan menggelar Festival Kuliner Betawi, Minggu (27/7/2019) mendatang/foto: doc istimewa
JAKARTA- Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Utara akan menggelar Festival Kuliner Betawi 2019, pada Minggu (28/7) mendatang.

Festival yang berlangsung di Jakarta Islamic Center (JIC) Koja, itu diisi dengan lomba memasak kuliner khas Betawi, Oblok Bebek.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Utara, Rus Suharto mengatakan, festival tahunan ini bertujuan memasyarakatkan, memperkenalkan, melestarikan, dan mengembangkan kuliner Betawi yang menjadi ciri khas Jakarta Utara.

Dipilihnya kuliner Oblok Bebek, merupakan hasil diskusi bersama mitra, Badan Musyawarah (Bamus) Betawi Jakarta Utara.

"Intinya lomba masak Oblok Bebek yang diikuti anggota PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga), dan sanggar binaan Bamus Betawi Jakarta Utara," kata Rus, saat dikonfirmasi, Jumat (26/7).

Dijelaskannya, total peserta mencapai 18 grup, yang masing-masing terdiri dari tiga orang. Hasil kuliner yang disajikan akan dinilai dewan juri yang terdiri dari tokoh Betawi, Ketua tim PKK Jakarta Utara, dan kalangan profesional, koki.

Masing-masing pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dan pengembangan usaha kuliner.

"Festival ini juga dimeriahkan dengan hiburan bernuansa Betawi, religi, dan universal," jelasnya.

Ketua Dewan Pengurus Daerah Bamus Betawi Jakarta Utara, M Ichwan Ridwan menerangkan, Festival Kuliner Oblok Bebek merupakan acara perdana di Jakarta Utara. Pemilihan kuliner Oblok Bebek lantaran sebagai salah satu warisan kuliner khas Betawi yang patut dilestarikan dan dikembangkan masyarakat Jakarta.

"Beberapa tahun terakhir kami (Bamus Betawi Jakarta Utara) pernah mengadakan acara serupa namun tidak bermitra dengan Sudin Pariwisata. Kita harapkan acara ini mampu memperkenalkan kuliner khas Betawi," jelasnya.

Lebih jauh pria dengan sapaan Boim ini berharap, Festival Kuliner ini dapat memacu perkembangan potensi ekonomi warga melalui penjualan kuliner Oblok Bebek. Dalam Festival itu pun, masyarakat dapat melihat dan belajar secara langsung demo masak Oblok Bebek.

"Kita berharap masyarakat menghadiri menyaksikan festival ini. Masyarakat bisa belajar cara memasak kuliner Oblok Bebek agar bisa mengembangkan potensi ekonomi keluarga," jelasnya.

Kepala Sekretariat Jakarta Islamic Centre, Ahmad Juhandi menegaskan, dipilihnya JIC sebagai tempat festival Kuliner Betawi mengingat JIC merupakan salah satu dari 12 destinasi wisata di Jakarta Utara.

"JIC sebagai lokasi wisata religi perlu bersinergi dengan berbagai festival budaya apalagi yang bernuansa religi," pungkas Juhandi. (*)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com